Jenderal Gatot Janji Modernisasi Alutsista TNI

Jenderal Gatot Nurmantyo uji kepatutan dan kelayakan sebagai Panglima TNI (Kompas)

Jakarta – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Gatot Nurmantyo berjanji akan mengupayakan modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) jika menjadi Panglima TNI. Ia mengatakan modernisasi alutsista menjadi konsolidasi untuk menghadapi bentuk ancaman yang kompleks.

“Dihadapkan pada kompleksitas ancaman maka perlu berdasarkan asumsi kekuatan ideal. Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah menaikkan anggaran 1,5 persen dari PDB,” kata Gatot saat paparan visinya di Komisi I, Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (1/7/2015).

Namun, Gatot akan mementingkan alutsista buatan dalam negeri. Hal ini untuk menjaga kemandirian industri pertahanan nasional.

Menurutnya, pembelian alutsista dari luar negeri dilakukan jika dalam negeri tak mampu memproduksi.

“Pembelian alutsista baru dan optimalisasi alutsista lama mengutamakan kemandirian industri pertahanan nasional. Pembelian alutsista luar negeri hanya dapat dilakukan apabila industri dalam negeri belum mampu memenuhinya,” sebut eks Pangkostrad itu.

Jika memang perlu alutsista dari luar negeri maka harus ada manfaat bagi Indonesia. Misalnya, seperti transfer kemampuan teknologi untuk sumber daya manusia atau prajurit TNI.

“Maka pembelian itu harus mengisyratkan transfer of technologi dan transfer of knowledge,” ujar Gatot.

Detik.com