Gatot Nurmantyo: AL dan AU Jadi Fokus Pembangunan TNI

Jenderal Gatot Nurmantyo (Liputan6.com)
Jenderal Gatot Nurmantyo (Liputan6.com)

Calon Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmatyo menyatakan siap mendukung kebijakan pemerintah yang ingin menjadikan Indonesia sebagai negara poros maritim dunia. Ia mengatakan, untuk mendukung cita-cita pemerintah tersebut maka fokus pembangunan TNI ke depan harus berorientasi pada kekuatan laut dan udara.

“Tidak ada alternatif lain kecuali fokus membangun kekuatan Angkatan Laut dan Angkatan Udara secara serentak dan sesegera mungkin, agar mampu memantau dan mengawal serta nusantara dengan memiliki keunggulan udara dan laut,” kata Gatot, saat menjalani fit and proper test di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (1/7/2015).

Sebagai negara kepulauan terbesar yang terdapat di garis ekuator, kata Gatot, hampir sebagian besar wilayah Indonesia merupakan kawasan perairan. Selain itu, Indonesia juga memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia yang mencapai 95.181 kilometer.

“Maka, Indonesia memerlukan angkatan bersenjata yang mampu memantau setiap sudut penjuru nusantara untuk merespon setiap gejolak yang muncul dengan cepat, serta mampu menghilangkan ancaman yang ada di Tanah Air,” ujarnya.

Ia menambahkan, sebagai salah satu negara yang memiliki kekuatan militer, pembangunan kekuatan harus dilakukan secara konsisten. Meski kondisi ekonomi suatu negara terpuruk, pembangunan di sektor militer tidak boleh berhenti.

Kompas.com

Sharing

Tinggalkan komentar