Uji Coba Tank Armata Canggih Rusia Ditargetkan Selesai 2022

Tank T 14 Armata 2

JakartaGReater – Uji coba tank T-14 terbaru Rusia berdasarkan platform tempur Armata, akan selesai tahun depan, ujar penjabat Kepala Departemen Otomotif dan Armor Utama Kementerian Pertahanan Rusia, Mayor Jenderal Alexander Shestakov, pada Senin, 22/11/2021.

“Pameran senjata tahunan Angkatan Darat Rusia menampilkan tank T-14, kendaraan tempur infanteri T-15 dan kendaraan perbaikan & evakuasi lapis baja T-16 yang sedang dikembangkan di bawah proyek Armata. Tahun ini, alutsista itu telah memasuki tahap akhir uji coba dan akan selesai pada 2022,” ujar jenderal itu dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh surat kabar Kementerian Pertahanan Krasnaya Zvezda, Rusia, Senin, dikutip TASS.

t 15

IFV T-15 Armata (@ Russian MoD)

Sesuai dengan persyaratan terbaru, kendaraan tempur infanteri dan pengangkut personel lapis baja harus beroperasi sebagai kendaraan tempur multiguna, katanya.

“Sekarang tidak hanya harus mengangkut personel dan mendukung mereka dengan tembakan dalam pertempuran, tetapi juga untuk melawan lapis baja musuh dan target udara yang terbang rendah. Dibandingkan dengan pendahulunya, kendaraan ini harus secara efektif mengatasi tugas ini tidak hanya dari berhenti tetapi juga bergerak dan mengapung. Persenjataan remote control adalah tugas prioritas, “jelas jenderal.

2S35 self propelled artillery

2S35 Koalitsiya-SV Armata (@ Russian MoD)

Untuk merangkul semua tugas menembak ini, kendaraan tempur dengan modul tempur tak berawak sedang dikembangkan, katanya.

Armata adalah platform standar tank roda rantai kelas berat yang berfungsi sebagai dasar untuk mengembangkan tank tempur utama, kendaraan tempur infanteri, pengangkut personel lapis baja dan beberapa kendaraan lapis baja lainnya.

Tank Armata terbaru Rusia

Tank Armata (@Russia MoD)

Tank berbasis platform T-14 Armata diluncurkan ke publik untuk pertama kalinya di Parade Hari Kemenangan Lapangan Merah pada 9 Mei 2015. Kendaraan tempur baru ini memiliki peralatan yang sepenuhnya digital, turret tak berawak dan kapsul lapis baja terisolasi untuk awak tank, sebagai perlindungan maksimum.

*Foto cover: Tank T-14 Armata. (@Dkzeo – commons.wikimedia)

Leave a Reply