Home » Militer Dunia » 6 Helikopter MH-47G Block II Chinook Tambahan untuk USASOAC

6 Helikopter MH-47G Block II Chinook Tambahan untuk USASOAC

Militer – Perusahaan Boeing akan membangun enam MH-47G Block II Chinook tambahan untuk Komando Penerbangan Operasi Khusus Angkatan Darat AS (USASOAC) sebagai bagian dari kontrak senilai $246,48 juta.

Pengiriman pesawat ini dijadwalkan dimulai pada tahun 2023. Dengan tambahan pesanan ini, Boeing kini terikat kontrak untuk memproduksi 30 unit MH-47G Block II Chinooks, yang empat di antaranya telah dikirimkan hingga saat ini, ungkap Boeing, pada 24 November 2021.

Pesawat ini akan menjadi yang pertama menyertakan Active Parallel Actuator Subsystem (APAS) baru, sebuah sistem misi yang membantu pilot melakukan manuver yang lebih sulit sambil meningkatkan keselamatan dan keandalan penerbangan.

“APAS adalah salah satu dari banyak kemampuan tingkat berikutnya yang memungkinkan Chinook mengirimkan lebih banyak muatan – lebih cepat, lebih jauh, dan lebih cerdas,” kata Andy Builta, wakil presiden Boeing dan manajer program H-47.

Helikopter Chinook MH-47G. (@ Maj. Jeff Slinker – 160th Special Operations Aviation Regiment)

MH-47G Block II Chinook juga memiliki fitur struktur yang ditingkatkan dan inisiatif pengurangan berat seperti pod bahan bakar baru yang lebih ringan yang meningkatkan kinerja dan efisiensi.

Untuk menyelesaikan misi yang kritis dengan aman dan efektif, tentara harus memiliki kemampuan angkat berat generasi terbaru. Helikopter pengangkut dengan rotor tandem MH-47G Block II merupakan cara untuk mencapai tujuan itu dengan cepat dan terjangkau.

Helikopter Chinook MH-47. (@Staff Sgt. Reed Knutson -160th Special Operations Aviation Regiment (Airborne)

MH-47G Block II Chinook ditenagai oleh teknologi mutakhir untuk mengangkat lebih banyak beban – terutama dalam kondisi operasi yang tinggi dan panas seperti di Afghanistan – yang semuanya memungkinkan tentara memenuhi persyaratan misi pengangkatan berat.

Boeing memiliki lebih dari 4.600 karyawan Boeing di Pennsylvania yang mendukung pembuatan H-47 Chinook, V-22 Osprey, MH-139A Grey Wolf dan sejumlah layanan dan upaya rekayasa.

*Foto cover: Helikopter Chinook MH-47G. (@ Maj. Jeff Slinker – 160th Special Operations Aviation Regiment)