Home » Militer Dunia » Fregat Gepard Class Vietnam Merapat ke Belawan untuk Asean-Rusia Naval Exercise 2021

Fregat Gepard Class Vietnam Merapat ke Belawan untuk Asean-Rusia Naval Exercise 2021

Militer – Kapal Perang Angkatan Laut Vietnam jenis fregat Gepard-class, Ly Thai To (HQ-012) mengunjungi Indonesia dan merapat ke Dermaga 104 Belawan International Container Terminal (BICT) Belawan, Sumatera Utara, Minggu, 28 November 2021.

Kunjungan fregat militer Vietnam ini disambut oleh Wakil Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Wadan Lantamal) I Belawan, Kolonel Marinir Amir Kasman yang mewakili Danlantamal I.

Fregat Gepard Class Vietnam Merapat ke Belawan untuk Asean-Rusia Naval Exercise 2021

Kedatangan Kapal Perang Angkatan Laut Vietnam Ly Thai To (HQ-012) ke Belawan dalam rangka mengikuti kegiatan Asean – Rusia Naval Exercise yang akan berlangsung dari tanggal 1 sampai dengan 3 Desember 2021, ungkap Dispen Lantamal I.

Fregat Ly Thai To (HQ-012) akan bergabung dengan kapal perang TNI Angkatan Laut KRI RE. Martadinata-331 serta 6 kapal perang dari negara Asean lainnya, termasuk Kapal Perang Rusia, destroyer RFS Admiral Panteleyev untuk melakukan latihan bersama di Perairan Belawan hingga Perairan Sabang.

Ly Thai To (HQ-012)  adalah fregat kelas Gepard (tipe Gepard 3.9) di Angkatan Laut Rakyat Vietnam yang dibangun oleh galangan kapal Zelenodolsk di Rusia.

Fregat ini dirancang untuk melakukan pencarian, melacak dan menghancurkan kapal target terapung, pertahanan udara, anti-kapal selam (terbatas), pengawalan, dan patroli perairan teritorial dan Zona Ekonomi Eksklusif. Fregat ini dapat memasuki pertempuran secara mandiri atau dalam skadron, dan dilengkapi dengan teknologi siluman, untuk menghadirkan kehadiran minimum di layar radar musuh.

Fregat Gepard Class Vietnam Merapat ke Belawan untuk Asean-Rusia Naval Exercise 2021

Asean-Rusia Naval Exercise 2021

Latihan ARNEX akan diikuti oleh 10 Negara Asean (Association of Southeast Asian Nations) ditambah Rusia .

Baca juga: Top! Kapal Perang AH140 akan Digarap RI

Latihan ini akan melibatkan kapal perang dan pesawat udara militer Indonesia berupa fregat KRI RE. Martadinata-331 serta 1 pesawat udara CN-235 dan 1 Helikopter Panther.

Fregat Gepard Class Vietnam Merapat ke Belawan untuk Asean-Rusia Naval Exercise 2021

Militer Rusia akan mengusung Destroyer RFS Admiral Penteleyev dan 1 Helikopter KAMOV, Singapura membawa korvet RSS Vigour, Malaysia membawa fregat KD Lekiu, serta 1 Helikopter Superking.

Adapun Thailand mengirim fregat HTMS Kraburi, Myanmar membawa fregat UMS Kyan Sit That , Vietnam mengusung fregat LY Thai To dan Brunei membawa korvet KDB Daruttaqwa.

Latihan Asean Rusia Naval Exercise 2021 merupakan yang pertama kali digelar dengan mengambil tema “Joint Actions to Ensure the Safety of Maritime Economic Activity and Civil Navigations”.