Home » Alutsita Canggih » Naval Group Prancis Kagum India Bangun Kapal Selam Scorpene ke-4

Naval Group Prancis Kagum India Bangun Kapal Selam Scorpene ke-4

Alutsista – Kapal selam kelas P75 Kalvari keempat, INS Vela, ditugaskan ke Angkatan Laut India pada 25 November 2021 dengan upacara yang diadakan di Naval Dockyard, Mumbai, India.

Kapal selam kelas Scorpene siluman INS Vela dibangun oleh galangan kapal India MDL berdasarkan desain Scorpene Naval Group dan merupakan kapal selam kelas Kalvari kedua yang ditugaskan pada tahun 2021, ungkap Naval Group, 25 November 2021.

Diluncurkan pada 6 Mei 2019, INS Vela berhasil menyelesaikan semua uji coba laut utama termasuk uji coba senjata dan sensor, terlepas dari pembatasan Covid, dan dikirim ke Angkatan Laut India pada 9 November 2021. Ia bergabung dengan INS Kalvari, Khanderi, dan Karanj yang ditugaskan masing-masing pada bulan Desember 2017, September 2019 dan Maret 2021.

Peresmian INS Vela menyoroti keberhasilan program pembangunan kapal selam asli Pemerintah India. Kapal selam ini telah sepenuhnya dibangun oleh Mazagon Dock Shipbuilders Limited (MDL) dengan memanfaatkan transfer teknologi yang sukses dari Naval Group selama konstruksi dan uji coba tiga kapal pertama. Enam kapal selam dari program P75 telah dilengkapi dengan sejumlah peralatan, yang dibangun di India oleh Usaha Mikro, Kecil & Menengah (UMKM) industri yang berkualitas dan sangat terlatih yang membentuk dasar ekosistem pembangunan kapal selam India.

Kapal selam INS Vela. (@Naval Group)

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada mitra kami MDL dan tim Naval Group atas keberhasilan pengiriman kapal selam Scorpene® keempat ke Angkatan Laut India. Naval Group sangat bangga menjadi bagian dari program P75 Kalvari yang merupakan komponen utama dari kemitraan jangka panjang Indo-Prancis. Kami berkomitmen untuk secara signifikan meningkatkan tingkat pribumisasi dalam proyek Angkatan Laut India di masa depan dengan membangun dan memelihara pengetahuan dan keterampilan di India”, ungkap Alain Guillou, EVP International Development di Naval Group.

Peningkatan kompetensi yang dicapai industri dan galangan kapal India selama dekade terakhir sangat menginspirasi. Keahlian dan keterampilan yang berharga dan bernilai tinggi yang dibangun di seputar program ini perlu dilestarikan, dipelihara, dan ditingkatkan dengan kontrak yang sedang berjalan dan yang akan datang sehingga industri pertahanan angkatan laut India dapat dengan lancar memenuhi produk militer yang serupa atau canggih untuk India dan juga untuk Dunia.

*Foto cover: Kapal selam INS Vela. (@India Ministry of Defence)