Home » Militer Dunia » India Uji Peluncuran Vertikal Rudal Permukaan ke Udara Jarak Pendek

India Uji Peluncuran Vertikal Rudal Permukaan ke Udara Jarak Pendek

Alutsista – Militer India kembali membuat gebrakan untuk urusan peluru kendali alias rudal. Kali ini Departemen riset persenjataan India, Defense Research & Development Organization (DRDO) berhasil meluncurkan peluru kendali dari darat ke udara (Surface to Air Missile) jarak pendek dengan sistem peluncuran vertikal.

Uji coba peluru kendali ini dilakukan di lokasi Integrated Test Range, Chandipur, di lepas pantai Odisha, India, ungkap laman Kementerian Pertahanan India, pada tanggal 7 Desember 2021.

Peluncuran rudal dilakukan menggunakan peluncur vertikal terhadap target elektronik pada ketinggian yang sangat rendah. Jalur terbang peluru kendali beserta parameternya dipantau menggunakan sejumlah alat pelacak yang disiapkan oleh Integrated Test Range (ITR), Chandipur, India. Semua sub-sistem beroperasi sesuai harapan.

Peluncuran sistem rudal ini dilakukan untuk memvalidasi operasi terintegrasi dari semua komponen sistem senjata, termasuk unit peluncur vertikal dengan pengontrol, canisterised flight vehicle, sistem kontrol senjata, dan lain sebagainya.

Uji coba ini diperlukan untuk peluncuran rudal di masa depan yang akan dilakukan dari Kapal Angkatan Laut India.

Uji Peluncuran rudal secara vertikal ini dipantau oleh pejabat senior dari DRDO & Angkatan Laut India.

Uji coba pertama dilakukan pada 22 Februari 2021 dan ini merupakan uji coba konfirmasi untuk membuktikan konsistensi kinerja konfigurasi dan operasi terintegrasi dari sistem rudal itu.

Menteri Pertahanan India Rajnath Singh mengucapkan selamat kepada DRDO, Angkatan Laut India dan industri pertahanan untuk uji terbang yang sukses dan menyatakan bahwa sistem ini akan lebih meningkatkan kemampuan pertahanan Kapal Angkatan Laut India terhadap ancaman udara.

Ketua Defense Research & Development Organization DRDO India, Dr G Satheesh Reddy mengatakan bahwa uji coba ini telah membuka jalan bagi integrasi sistem senjata di atas Kapal Angkatan Laut India.

India Sukses Uji peluncuran vertikal Rudal Permukaan ke Udara Jarak Pendek. (@ India Ministry of Defence)

Peluru Kendali

Peluru kendali (atau disingkat rudal atau misil) merupakan senjata roket militer yang memiliki sistem pengendali otomatis untuk mencari target atau menyesuaikan arah.

Sistem penerbangan rudal memiliki beberapa fase penerbangan: Fase peluncuran dorongan booster, fase penerbangan mid course dan fase terminal.

Fase dorongan booster adalah ketika rudal ditembakkan atau diluncurkan dari kecepatan awal (statis atau bergerak, permukaan, kapal selam, kapal atau pesawat) hingga pada kecepatan, arah dan ketinggian tertentu yang diinginkan. Setelah itu dilanjutkan pada fase penerbangan mid course.

Fase mid course menggunakan panduan inertial, (instrumen flight penerbangan, INS, inertial navigation system, gyroscope, accelerometer, magnetometer), Data link taktis, GPS, GLONASS, TERCOM dan lain lain.

Adapun fase akhir adalah fase terminal dengan panduan radar (aktif/pasif/semi aktif) homing, imaging infra merah atau semi aktif laser homing (SALH), yang kemudian disertai penetrasi berupa meledaknya warhead hulu ledak yang dikendalikan dengan perlengkapan semacam proximity fuze/ sumbu kedekatan jarak. SALH tentu dilengkapi dengan bidikan (penanda laser/designator, semacam targeting pod pada jet tempur tempur).

Kapal perang India

India saat ini memang sedang membangun kapal perang berukuran besar jenis destroyer.

Satu dari empat kapal perang destroyer siluman buatan India telah ditugaskan ke Angkatan Laut pada 21 November 2021 di galangan kapal Naval Dockyard, Mumbai, India.

Kapal perusak kelas Visakhapatnam, INS Visakhapatnam dirancang asli di dalam negeri India oleh Direktorat Desain Angkatan Laut Angkatan Laut India dan dibangun oleh Mazagon Dock Shipbuilders Limited, Mumbai.

Kapal perang INS Visakhapatnam kini menjadi simbol kekuatan maritim yang berkembang di negara India dan tonggak utama dalam mencapai visi Perdana Menteri India, Narendra Modi tentang ‘Make in India, Make for the World’.

Kapal perang destroyer INS Visakhapatnam India. (@Narendra Modi)

Narendra Modi menambahkan bahwa kapal itu adalah pengingat kekuatan maritim India kuno dan abad pertengahan, keterampilan pembuatan kapal, dan sejarah yang gemilang.

Menteri Pertahanan India Rajnath Singh meyakini bahwa kapal canggih ini akan dilengkapi dengan sistem dan senjata terbaru.

Dengan ukuran kapal yang besar sekelas destroyer, tentunya New Delhi tidak kesulitan untuk memasang sistem rudal yang diluncurkan secara vertikal, untuk melindungi kapal dari serangan udara.

Jika jangkauan rudal itu diperjauh, maka destroyer India ini pun akan bisa melindungi kapal kapal perang di sekitarnya dari ancaman udara pihak lawan.

*Foto cover: India Sukses Uji peluncuran vertikal Rudal Permukaan ke Udara Jarak Pendek. (@ India Ministry of Defence)