Home » Militer Dunia » Helikopter Black Hawk Dongkrak Kemampuan Militer Filipina

Helikopter Black Hawk Dongkrak Kemampuan Militer Filipina

Militer  – Kemampuan Angkatan Udara Filipina (PAF) mendapat peningkatan yang signifikan, setelah baru-baru ini menerima lima helikopter tempur Sikorsky S-71i “Black Hawk” buatan Polandia.

Lima helikopter Sikorsky 70i Black Hawk baru, diterima di armada udara Filipina pada 3 Desember 2021, untuk menyelesaikan pengiriman 16 unit.

“Kelima helikopter baru ini akan semakin meningkatkan kemampuan PAF untuk mendukung berbagai operasi Angkatan Bersenjata Filipina ( AFP),” ujar Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana dalam postingan Facebook pada hari Minggu, 5/12/2021.

Helikopter Sikorsky S-71i Black Hawk Filipina.(@Delfin Lorenzana – Philippine MoD)

Menteri Pertahanan Filipina Lorenzana menambahkan bahwa dia gembira telah “secara pribadi mengawasi pencapaian besar ini” dalam upaya berkelanjutan pemerintah untuk memodernisasi AFP.

Kuasa Usaha Polandia Jaroslaw Szczepankiewicz secara resmi menyerahkan pesawat itu kepada kepala PAF Letnan Jenderal Allen T. Paredes di Pangkalan Udara Clark, Angeles City, Pampanga.

Lima helikopter tiba di Pangkalan Udara Clark melalui pesawat angkut Antonov pada 8 November 2021, ungkap Philippine News Agency, 6/12/2021.

Helikopter Sikorsky S-71i Black Hawk Filipina.(@Delfin Lorenzana – Philippine MoD)

Puncak acara adalah penyerahan resmi pesawat oleh Kuasa Usaha Polandia Jaroslaw Szczepankiewicz kepada kepala PAF Letnan Jenderal Allen T. Paredes diikuti dengan pemberkatan dan upacara menuangkan sampanye ke aset udara yang baru diakuisisi.

Batch pertama enam unit dikirimkan pada November 2020, disusul dengan batch kedua lima unit helikopter “Black Hawk” pada Juni yang secara resmi diterima, diserahkan dalam upacara sederhana pada 13 Oktober 2021..

Angkatan Udara Filipina PAF memiliki pesanan 16 helikopter S-70i dari perusahaan Polandia PZL Mielec senilai USD241 juta (sekitar PHP11,5 miliar).

Satu unit dari enam unit awal yang dikirim ke negara itu jatuh pada 24 Juni lalu saat melakukan latihan terbang malam.

S-71 PAF yang baru ini dikerahkan untuk mengangkut vaksin Covid-19 ke daerah-daerah yang sulit dijangkau di seluruh negeri.

Helikopter ini juga saat ini dikerahkan ke lokasi-lokasi strategis untuk mendukung pencapaian penanganan covid-19 di Filipina.