Home » Militer Dunia » Stoiky, Kapal Perang Jenis Korvet, Tapi Penuh Persenjataan

Stoiky, Kapal Perang Jenis Korvet, Tapi Penuh Persenjataan

JakartaGreater   –  Awak kapal perang Korvet Project 20380 Armada Baltik Rusia, Stoiky (Stoikiy) menembakkan (live firing) Rudal anti-kapal terhadap kapal perang musuh hipotetis dalam latihan taktis di tempat pelatihan angkatan laut di Laut Baltik,  ujar kantor pers Armada Rusia hari Selasa, 7 Desember 2021.

“Sebagai bagian dari  rencana penyebarannya di laut, awak korvet Stoiky berhasil menyelesaikan tugas mengirimkan serangan Rudal terhadap target angkatan laut yang mensimulasikan kapal perang musuh tiruan. Tembakan Rudal dikirim dari senjata serangan utama korvet: sistem Rudal anti-kapal Uran,” kata kantor pers dalam sebuah pernyataan, dikutip TASS. 

Selain itu, awak korvet mengadakan latihan untuk pertahanan udara sebuah kapal menggunakan meriam artileri A-190, ujar kantor pers menambahkan.

Armada Baltik melibatkan hingga 10 kapal perang dan kapal pendukung untuk memenuhi latihan tempur oleh korvet Rusia, kata pernyataan itu.

Setelah menyelesaikan tugas menembak, awak korvet Stoiky mempraktikkan peperangan elektronik, pengendalian kerusakan kapal, tindakan anti-sabotase, interoperabilitas dan komunikasi antara kapal-kapal yang menyediakan penembakan Rudal, kata kantor pers.

Rudal jelajah anti-kapal Uran ditujukan untuk menyerang kapal permukaan laut berkecepatan tinggi yang beroperasi sendiri atau bagian dari konvoi kapal perang. Rudal ini bisa menyerang siang dan malam, dalam kondisi cuaca tenang ataupun ekstrem dan di bawah gangguan dan tembakan musuh.

Korvet Stoiky Rusia(@ Russian Mil.ru)

Korvet Proyek 20380

Korvet Project 20380 dirancang untuk menyelesaikan green-water missions (dekat pantai), melawan kapal permukaan musuh dan kapal selam serta memberikan dukungan artileri untuk operasi serangan amfibi.

Korvet jenis Steregushchiy class ini menggabungkan solusi terbaru untuk mengurangi wujud fisiknya di lautan. Secara khusus, pembuat kapal secara signifikan mengurangi tanda radar pada korvet ini selama menjalani konstruksi . Korvet ini menggunakan bahan penyerap radio dan secara khusus dibuatkan rancangan untuk lambung dan suprastruktur kapal.

Korvet Project 20380 dipersenjatai dengan Rudal anti-kapal Uran, sistem Rudal permukaan-ke-udara Redut, senjata artileri A-190 dan senjata perang anti-kapal selam Paket-NK.  Korvet ini juga dapat membawa helikopter Ka-27 modifikasi apapun.