Home » Alutsita Canggih » Tim Kemhan RI Pantau Uji Jangkauan Roket 122mm di Brasil

Tim Kemhan RI Pantau Uji Jangkauan Roket 122mm di Brasil

Kunjungan tim Kementerian Pertahanan RI ke Brasil ini dalam rangka memantau uji coba Roket kaliber 122 mm yang dibuat oleh putra-putri bangsa Indonesia di PT. Pindad dan PTDI

Alutsista – Duta Besar Indonesia untuk Brasil, Edi Yusup didampingi oleh Atase Pertahanan KBRI Brasilia, Kolonel (Pnb) Humaidi Syarif Romas menerima kunjungan tim monitoring dan evaluasi (monev) Kementerian Pertahanan Indonesia, Kolonel Tek Dedy Laksmono dan Letkol Laut (T) Donny Nainggolan.

Kunjungan tim Kementerian Pertahanan RI ke Brasil ini dalam rangka memantau uji coba Roket kaliber 122 mm yang dibuat oleh putra-putri bangsa Indonesia di PT. Pindad dan PTDI, ungkap laman Facebook KBRI untuk Brasil (Kbri Brasilia), 22 November 2021.

Tim Kemhan RI Pantau Uji Coba Jangkauan Roket MLRS Astros di Brasil.(@KBRI Brasilia)

Pada uji coba penembakan roket yang dilaksanakan di kota Formosa, telah ditembakkan 5 roket dari 10 roket yang dibuat.

Pada percobaan itu semua roket berhasil mencapai jarak tembak lebih dari 31 km.

Program ini merupakan bagian dari kerja sama Transfer of Technology (ToT) antara Avibras dengan Kementerian Pertahanan Indonesia sebagai bagian dari kontrak pembelian Sistem Roket Multi Laras (MLRS) Astros MK II yang dibeli oleh TNI AD.

Kunjungan Tim Kemhan RI ke Brasil, 22/11/2021, Pantau Uji Coba penembakan Roket. (@KBRI Brasilia)

MLRS Astros II MK-6

MLRS Astros II MK-6 merupakan salah satu alutsista canggih milik TNI AD yang baru baru ini disertakan dalam Latihan Antar Kecabangan TNI AD 2021, di Martapura, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, yang digelar November 2021. Latihan Antar Kecabangan (Latancab) Kartika Yudha tahun 2021 ini melibatkan sekitar 2.907 orang Prajurit.

Alutsista MLRS Astros II MK-6 buatan Brasil ini juga disertakan TNI AD saat melakukan latihan bersama militer Amerika Serikat dari US Army, di Baturaja, Sumatera Selatan, 3 Agustus 2021.

Pada latihan bersama Garuda Shield 15/2021 itu, TNI AD dan US Army mengerahkan 4 Roket Astros dan 4 Roket Himars serta 6 Meriam KH178/105mm dan 6 Meriam/ Howitzer M119A3/105mm.

Spesifikasi MLRS Astros

MLRS Astros II MK6 menembakkan rudal AV-TCM (Avibras – Tactical Cruise Missile). (@Avibras)

ASTROS  yang dijuluki one system, multiple missions merupakan Sistem Roket Artileri darat-ke-darat yang sangat fleksibel karena mampu meluncurkan roket standar, roket berpemandu, rudal balistik, dan rudal jelajah taktis, dengan kaliber berbeda-beda, mulai dari platform kompak, ataupun  tunggal pada jarak sasaran antara 9 km dan 300 km.

Sistem ASTROS menonjol karena mobilitas, kelincahan, dan keserbagunaannya untuk Artileri Lapangan maupun Pertahanan Pesisir.

*Foto: MLRS ASTROS (@Avibras – Brazil)

Leave a Reply