Home » Headlines » Dubes Prancis dan Tim Naval Group Bertemu Menhan Prabowo

Dubes Prancis dan Tim Naval Group Bertemu Menhan Prabowo

JakartaGreater –  Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto menerima kunjungan Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Olivier Chambard dan tim Naval Group Prancis pada Jumat, 10 Desember 2021 di Kantor Kementerian Pertahanan Indonesia, Jakarta.

Kunjungan ini bertujuan untuk membahas upaya peningkatan kerja sama kedua negara di bidang pertahanan, termasuk untuk memperkuat alutsista TNI dan memajukan kapasitas industri pertahanan Indonesia, ungkap situs Kemhan RI, Sabtu 11/12/2021.

Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Menerima Kunjungan Dubes Prancis dan Tim Naval Group di Jakarta, 10/12/2021. (@Kemhan RI)

Sebelumnya, pada November 2021, Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian juga telah melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Prabowo, untuk membahas tindak lanjut kemitraan strategis antara Indonesia dengan Prancis di bidang pertahanan.

Pembangunan Fregat Indonesia

Sebelumnya pada 10 Juni 2021, Perusahaan kapal perang multinasional Fincantieri yang bermarkas di Trieste, Italia mengumumkan bahwa perusahaannya akan menyediakan 8 kapal perang untuk Indonesia, terdiri dari 6 fregat kelas FREMM yang dimodernisasi dan 2 fregat kelas Maestrale. Modernisasi 2 kapal kelas Maestrale, yang akan diperoleh Fincantieri dari Angkatan Laut Italia setelah dinonaktifkan, juga akan dilakukan di Italia.

“Fincantieri, selaku grup pembuat kapal perang dan Kementerian Pertahanan Indonesia, telah menandatangani kontrak untuk penyediaan 6 fregat kelas FREMM, modernisasi 2 fregat kelas Maestrale serta dukungan logistik terkait”, ujar rilis Fincantieri.

Fincantieri akan menjadi kontraktor utama untuk keseluruhan program pembangunan fregat, dan akan memastikan manfaat kerja yang signifikan tidak hanya untuk galangan kapal Italia Grup, tetapi juga untuk perusahaan lain di sektor ini, yaitu Leonardo, serta banyak perusahaan nasional kecil dan menengah, dan akan melihat kerjasama galangan PT-PAL lokal (Pulau Jawa), ungkap Fincantieri.

Kapal Fregat FREMM Class, FREMM (Fregat multiguna Eropa); (Prancis: Frégate européenne multi-misi); (Italia: Fregata europea multi-missione) adalah fregat serbaguna yang dirancang oleh Fincantieri Italia dan Naval Group Prancis, untuk angkatan laut Italia (10 fregat) dan Prancis (8 fregat).

Di Prancis kapal kelas ini dikenal sebagai kelas Aquitaine, sedangkan di Italia dikenal sebagai kelas Bergamini. Italia telah memesan 6 varian tujuan umum dan 4 varian anti-kapal selam. Sementara Prancis telah memesan 6 varian anti-kapal selam, dan 2 varian pertahanan udara.

*Foto cover: Fregat FREMM Aquitaine class (@Naval Group)