Singapura Upgrade Jet Tempur F-16 C/D Block 52

Jet Tempur F-16 C/D Singapura
Jet Tempur F-16 C/D Singapura

Kementerian Pertahanan Singapura merilis informasi lebih lanjut tentang rencana meng-upgrade armada jet tempur F-16 C/D RSAF. Upgrade akan berlangsung secara bertahap dari tahun 2016 dan seterusnya, dengan berbagai perangkat tambahan kemampuan yang direncanakan.

Pada tanggal 7 Mei, Departemen Luar Negeri AS menyetujui program peningkatan kemampuan F-16 Block 52 Singapura berikut peralatan terkait, suku cadang dan dukungan logistik dengan biaya $ 130 juta.

Upgrade F-16 Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF) untuk meremajakan penuaan armada F-16 RSAF -pesawat pertama memasuki layanan tahun 1998 – dengan kemampuan baru dan canggih untuk menjaga kemampuan operasional yang relevan.

Sebagian F-16 Singapura yang diterima rentang tahun 1998-2004, dirasakan belum sesuai dengan standar terbaru yang ditetapkan, seperti persoalan electronic countermeasure, helmet mounted display, sistem senjata dan radar.

Radar baru AESA merupakan upgrade kemampuan secara signifikan, yang memperluas jangkauan deteksi F-16 dan memungkinkan pesawat tempur untuk melacak dan terlibat dengan beberapa sasaran pada jarak lebih besar.

Upgrade ini juga akan melengkapi F-16 Singapura dengan kemampuan operasi di segala cuaca, kemampuan serangan darat yang memungkinkan untuk menyerang target dengan amunisi presisi seperti Laser Joint Direct Attack Munition (LJDAM).

Modernisasi ini juga melengkapi F-16 Singapura dengan rudal udara ke udara yang canggih yang memungkinkan pesawat terlibat dalam spektrum yang luas dari ancaman udara.

Selain itu, kemampuan datalink dan tampilan helm yang canggih akan memberikan pilot kesadaran situasional yang tinggi, meningkatkan keamanan dan memungkinkan pilot untuk memaksimalkan potensi amunisi modern.

Program upgrade peningkatan kemampuan armada tempur RSAF untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan pertahanan dan keamanan Singapura.

Upgrade pesawat tempur RSAF F-16 akan dimulai dari tahun 2016 dan akan dilakukan secara bertahap. Hal ini diperkirakan akan berlangsung selama lima sampai enam tahun.

Airrecognation.com

Sharing

Tinggalkan komentar