Mar 012018
 

Pangarmatim  Laksma TNI I.N.G. Sudihartawan, mengucapkan terima kasih  atas kunjungan Siswa Delegasi AL Filipina dan berharap kerjasama yang telah terjalin akan terus berlanjut serta semakin mempererat hubungan antar kedua negara.

Surabaya, Jakartagreater.com – Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI I.N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M., mewakili Pangarmatim Laksamana Muda (Laksda) TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., menerima kunjungan dari Naval Officers Schools Center yang dipimpin Capt. Francis Alexander Jose beserta siswa sejumlah 41 orang, pada Rabu 28 Februari 2018 di Ballroom KRI Surabaya – 591 yang bersandar di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya.

Dalam amanat Pangarmatim yang dibacakan oleh Kasarmatim menyampaikan hubungan baik antara negara Republik Indonesia dan Republik Filipina sudah berjalan sejak lama, eratnya hubungan ini dilandasi kesadaran untuk memperjuangkan kepentingan bersama secara adil, terhormat dan saling menguntungkan.

Kedua negara sangat berkepentingan untuk menciptakan serta memelihara keamanan regional khususnya di Asia Tenggara, sehingga dapat menjamin terciptanya stabilitas kawasan sebagai prasyarat utama dalam menjaga tingkat pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut.

Sehubungan dengan hal itu, maka peran kedua negara menjadi sangat vital dalam relasi antar negara dalam kawasan maupun secara Bilateral, terkait hal tersebut, maka TNI AL selaku alat pertahanan negara Indonesia di laut secara aktif selalu menjalin kerja sama dengan berbagai kekuatan AL negara lain termasuk AL Republik Filipina dalam mewujudkan stabilitas keamanan regional.

“Kunjungan ini diharapkan dapat lebih mempererat hubungan antara TNI AL dan Angkatan bersenjata Filipina, baik dalam kerja sama teknologi kemiliteran maupun kerja sama strategis lainnya, diantaranya di bidang pendidikan, operasi maupun latihan dan pada saat ini pemerintah Filipina telah memesan 2 unit kapal jenis Landing Platform Dock (LPF) Produksi PT.PAL untuk AL Filipina, hal ini merupakan bukti bahwa AL Philipina dan TNI AL telah memiliki hubungan yang sangat baik”, ujar orang nomor satu di Koarmatim tersebut.

Di akhir sambutannya Pangarmatim mengucapkan terima kasih dan penghormatan yang setinggi-tingginya atas kunjungan ini dan berharap kerjasama yang telah terjalin akan terus berlanjut serta semakin mempererat hubungan antar kedua negara. Usai pertemuan tersebut Kasarmatim dan Capt. Francis melaksanakan saling tukar cinderamata yang diakhiri foto bersama dengan background patung Monjaya.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya, Asrena Pangarmatim, Aspers Pangarmatim, Aslog Pangarmatim, Aspotmar Pangarmatim, Dansatkor Koarmatim, Dansatfib Koarmatim, dan Komandan KRI Surabaya-591. (Dispen Armatim)

Bagikan:

  One Response to “41 Siswa Delegasi AL Filipina Kunjungi Koarmatim”

  1.  

    Patroli bersama di perbatasan apa masih berlanjut?

 Leave a Reply