Home » Alutsita Canggih » Ini Kemampuan Tank T-72B3M Setelah Diupgrade oleh Rusia

Ini Kemampuan Tank T-72B3M Setelah Diupgrade oleh Rusia

Yekateringburg, JakartaGreater   –  Perusahaan Uralvagonzavod (bagian dari Rostec) telah mengirimkan batch tank T-72B3M yang telah diupgrade ke pasukan Rusia, ujar kantor pers perusahaan melaporkan pada hari Senin, 27-12-2021.

“Uralvagonzavod (bagian dari Rostec) telah mengirimkan batch tank T-72B3M ke Kementerian Pertahanan Rusia. Kendaraan telah menjalani serangkaian uji coba, telah diterima oleh pelanggan sesuai dengan spesifikasi teknis dan siap untuk digunakan, untuk layanan operasional di Angkatan Darat Rusia,” kata kantor pers dalam sebuah pernyataan, dikutip TASS.

Tank Т-72Б3М (@Russia Mil.ru)

Tank Т-72Б3М (@Russia Mil.ru)

Upgrade dilakukan di bawah rencana pengadaan pertahanan yang menetapkan modernisasi tank T-72B ke level T-72B3M.

Dibandingkan dengan versi dasar, tank T-72B3M yang dikirim ke pasukan memiliki karakteristik yang jauh lebih baik. Tank dilengkapi dengan sistem pengendalian tembakan baru yang terdiri dari penglihatan dengan pencitraan termal modern dan juga komputer balistik digital yang menyediakan untuk membidik otomatis dan sangat meningkatkan akurasi tembakan, kata pernyataan itu.

Tank T-72B3M dapat menghancurkan target dengan Rudal, saat tank berhenti maupun sedang bergerak pada siang dan malam, untuk jarak hingga 5.000 meter dengan akurasi tembakan mendekati 100%.

Tank Т-72Б3М (@Russia Mil.ru)

Tank Т-72 (@Russia Mil.ru)

Pelacak target otomatis tank meningkatkan akurasi tembakan terhadap target bergerak dan secara substansial memangkas waktu persiapan tembakan. Peralatan komunikasi canggih memastikan komunikasi radio tahan macet yang aman.

Tank T-72B3M yang ditingkatkan telah menerima sistem perlindungan efektif yang meningkatkan efisiensinya, baik dalam perang dengan persenjataan gabungan maupun dalam lingkungan pertempuran dengan penggunaan senjata anti-tank secara besar-besaran, misalnya, dalam kondisi perkotaan.

Uralvagonzavod adalah perusahaan pembuat mesin berat terbesar di Rusia yang merekayasa dan memproduksi berbagai jenis gerbong barang dengan sisi tinggi dan rendah, pengangkut muatan, dan reservoir.

*Foto cover: Tank Т-72B3М (@Uralvagonzavod)

Leave a Reply