Home » Alutsita Canggih » Rusia Terus Modernisasi Kapal Selam Nuklir Agar Lebih Tangguh

Rusia Terus Modernisasi Kapal Selam Nuklir Agar Lebih Tangguh

File:KnyazVladimirSeaTrials.jpg From Wikimedia Commons, the free media repository

Moskow, JakartaGreater   – Kapal selam strategis bertenaga nuklir seri kedua Proyek 955A (Borei-A) Generalissimus Suvorov akan dikirim ke Angkatan Laut Rusia pada paruh pertama tahun 2023 setelah uji coba di laut,  ungkap sumber di industri pertahanan Rusia mengatakan kepada TASS pada hari Selasa, 28-12-2021.

“Kapal penjelajah bawah air bertenaga nuklir Generalissimus Suvorov akan mengapung pada awal 2022 untuk menyelesaikan konstruksinya di tempat berlabuh. Pada musim gugur, kapal akan memasuki uji tambatan komprehensif dan uji laut pembuat kapal untuk diikuti oleh siklus uji coba negara penuh,” kata sumber tersebut.

Kapal selam strategis bertenaga nuklir Generalissimus Suvorov akan dikirim ke Angkatan Laut Rusia pada paruh pertama tahun 2023, katanya.

Galangan Kapal Sevmash mengadakan upacara peluncuran kapal selam bertenaga nuklir Generalissimus Suvorov dari slipway pada 25 Desember 2021. Kapal selam strategis bertenaga nuklir Generalissimus Suvorov diletakkan di Galangan Kapal Sevmash di Barat Laut Rusia pada 26 Desember 2014.

Kapal ini merupakan generasi keempat kapal selam bertenaga nuklir yang dikembangkan untuk Angkatan Laut Rusia di bawah Proyek Borei-A yang ditingkatkan (dirancang oleh Biro Desain Pusat Rubin Teknik Kelautan yang berbasis di St. Petersburg).

Proyek ini terutama menampilkan solusi teknis baru, peralatan yang ditingkatkan, pengurangan medan fisik, dan perlindungan yang ditingkatkan.

Sebuah sumber sebelumnya mengatakan kepada TASS bahwa kontrak untuk pembangunan sepasang kapal selam bertenaga nuklir strategis Borei-A diharapkan akan ditandatangani pada tahun 2022. Mereka akan diletakkan di Galangan Kapal Sevmash pada tahun 2023.

Saat ini, 3 kapal selam Project 955 (Borei) baseline Yuri Dolgoruky, Vladimir Monomakh dan Alexander Nevsky dan 2 kapal selam Project 955A (Borei-A) yang ditingkatkan, Knyaz Vladimir dan Knyaz Oleg beroperasi di Angkatan Laut Rusia.

Lima kapal selam Project Borei-A lainnya – Kaisar Alexander III, Knyaz Pozharsky, Generalissimus Suvorov, Dmitry Donskoi, dan Knyaz Potyomkin sedang dalam berbagai tahap konstruksi.

Kapal selam kelas Borei dan Borei-A membawa 16 Rudal balistik antarbenua Bulava dan dilengkapi dengan tabung torpedo 533mm.

Dibandingkan dengan seri Borei dasar, kapal selam Borei-A memiliki kemampuan akustik siluman, manuver, dan bergerak di laut dalam yang lebih baik serta sistem kontrol persenjataan yang ditingkatkan.

Leave a Reply