Home » Headlines » Bangun Kapal Induk, India Bergabung ke Kelompok Negara Elite Berkemampuan Khusus

Bangun Kapal Induk, India Bergabung ke Kelompok Negara Elite Berkemampuan Khusus

JakartaGreater – Kapal induk buatan dalam negeri pertama India (IAC) Vikrant memulai serangkaian uji coba laut lainnya pada hari Minggu, 9/1/2022 untuk melakukan manuver kompleks di laut lepas menjelang induksi yang direncanakan pada bulan Agustus mendatang. Uji coba ini merupakan rangkaian dari uji coba laut yang ketiga.

Kapal induk berbobot 40.000 ton ini, kapal perang terbesar dan paling kompleks yang dibangun di India, dan berhasil menyelesaikan pelayaran laut perdananya selama lima hari pada bulan Agustus dan menjalani uji coba laut selama 10 hari pada bulan Oktober.

“IAC sekarang berlayar untuk melakukan manuver kompleks untuk menetapkan pembacaan spesifik tentang kinerja kapal dalam berbagai kondisi,” kata juru bicara Angkatan Laut Komandan Vivek Madhwal, menambahkan berbagai rangkaian sensor kapal juga akan diuji.

Kapal Induk buatan India, IAC Vikrant, melakukan rangkaian uji coba laut yang ketiga, 9/1/2022. (@India MoD)

Kapal perang telah dibangun dengan biaya sekitar 23.000 crore dan konstruksinya mendorong India menjadi kelompok negara yang memiliki kemampuan untuk membangun kapal induk canggih.

Presiden India Ram Nath Kovind dan Wakil Presiden M Venkaiah Naidu mengunjungi kapal induk itu baru-baru ini di Kochi, India.

Setelah dua kunjungan berturut-turut oleh Presiden Ram Nath Kovind dan Wakil Presiden M Venkaiah Naidu, dalam rentang waktu kurang dari 2 minggu,IAC Vikrant sekarang menuju set Sea Trials berikutnya, ungkap Kementerian Pertahanan India, 9/1/2021.

Angkatan Laut India adalah kekuatan maritim penduduk yang tangguh di Wilayah Samudra Hindia; dan Grup Pertempuran Kapal Induk tetap menjadi pusat konsep operasinya. Kapal induk IAC Vikrant akan memberi Angkatan Laut India fleksibilitas, mobilitas, jangkauan, dan kekuatan tempur yang diperlukan sesuai dengan kepentingan nasional kita dan juga berfungsi sebagai katalisator yang kuat untuk perdamaian dan stabilitas di Kawasan Samudra Hindia.

Kapal Induk buatan India, IAC Vikrant, melakukan rangkaian uji coba laut yang ketiga, 9/1/2022. (@India MoD)

Sebuah Kapal Induk juga memegang posisi strategis dan keunggulan teknologi, dan dianggap sebagai puncak dalam domain desain dan konstruksi kapal perang. Dengan pembangunan Indigenous Aircraft Carrier, India akan masuk ke dalam kelompok negara-negara terpilih yang memiliki kapabilitas khusus untuk merancang dan membangun sebuah Aircraft Carrier.

Industri pembuatan kapal India telah berkembang jauh sejak tahun 1960-an dengan IAC Vikrant menjadi ciri khas kemampuan industri asli India.

Kandungan asli dalam konstruksi IAC mendekati 76% dari keseluruhan biaya proyek Rs 19341 Cr. Kapal ini memiliki sejumlah besar bahan asli seperti baja, selain peralatan dan sistem lain yang diproduksi oleh rumah industri India dan sekitar 100 UMKM.

Konstruksi kapal induk yang asli telah menghasilkan kesempatan kerja tidak hanya di galangan kapal tetapi juga bagi banyak industri lain yang mendukung proyek secara eksternal. Hal ini telah mengakibatkan efek “bajak kembali” pada perekonomian domestik. Hampir 2000 galangan kapal dan 13.000 personel non-yard telah dipekerjakan per tahun untuk pembangunan IAC.

Leave a Reply