Home » Militer Indonesia » Cara Prajurit KRI dr. Soeharso-990 Tingkatkan Kemampuan Sebagai Marshaller

Cara Prajurit KRI dr. Soeharso-990 Tingkatkan Kemampuan Sebagai Marshaller

JakartaGreater   –   Helly Deck Party, kegiatan memandu helikopter saat take off dan landing di atas geladak KRI yang membutuhkan kemampuan kehati-hatian seorang marshaller dalam mengarahkan helikopter menuju tempat landing yang telah ditentukan.

Karena tugas tersebut memiliki tanggung jawab besar, maka KRI dr. Soeharso-990 dari Satuan Kapal Bantu atau Satban Koarmada II, menggelar latihan prosedur Helly Deck Party yang melibatkan Helly AKS HS 1310 dari Puspenerbal.

Latihan dilaksanakan  pada Senin ,10-1-2022 di tengah perairan Laut Jawa, disaat kapal menjalankan tugas Operasi Komodo Jaya-22 dalam rangka mendukung kegiatan Lattek Wira Jalayudha XV/2022 siswa Dikmapa Khusus Kesehatan dan siswa Dikmata Kodiklatal angkatan 41/1 TA 2021.

Selain prosedur Helly Deck Party, prajurit KRI SHS-990 juga melaksanakan Latihan Ship Board Operation dan Evakuasi Medis Udara, untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan mereka sebagai pengawak kapal bantu Rumah Sakit yang aktif beroperasi.

Pada bagian lain Komandan KRI dr.Soeharso-990, Letkol Laut (P) Choirul Arif, S.E., M.Tr. Opsla mengungkapkan bahwa latihan tersebut merupakan tindak lanjut dari perintah Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P., M.Tr (Han).

Yakni agar seluruh unsur Koarmada II yang sedang melaksanakan gelar operasi harus sering melaksanakan latihan, baik latihan intern maupun latihan bersama dengan unsur KRI lainnya, atau dengan unsur Udara.

“Diharapkan dengan latihan rutin mampu meningkatkan profesionalisme dan naluri tempur prajurit ,serta sebagai sarana pelatihan dan kaderisasi bagi prajurit remaja KRI, Pilot Helly serta siswa Kodiklatal agar sejalan dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudho Margono dalam peningkatan SDM yang profesional dan material yang ready force,” kata Komandan KRI SHS-990.

Leave a Reply