Penutupan Pendidikan Dasar Integratif Taruna Akademi TNI Tahun 2021/2022

Magelang, JakartaGreater   –  Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI, Letjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., menutup Pendidikan Dasar Integratif Taruna Akademi TNI Tahun Pendidikan 2021/2022 pada Senin 31-1-2022 di lapangan Saptamarga Akmil Magelang, Jawa Tengah, dirilis Puspen TNI.

Sebanyak 779 Taruna Akademi TNI yang terdiri dari 449 Taruna Matra Darat, 190 Taruna Matra Laut dan 140 Taruna Matra Udara telah dinyatakan lulus menjalani pendidikan dasar keprajuritan selama 6 bulan di Menchandra Akademi TNI dan dianugrahi kenaikan pangkat menjadi kopral Taruna.

Sebelum penutupan Pendidikan Dasar Integratif Taruna Akademi TNI tahap-2 dilaksanakan, para Taruna telah melaksanakan latihan berganda-2 sebagai ujian akhir.

Latihan berganda ini merupakan puncak latihan dalam proses pembelajaran pada pendidikan dasar integratif yang akan dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk menentukan keberhasilan Taruna Akademi TNI dalam menyerap, memahami dan menguasai berbagai macam pengetahuan dasar militer serta pembinaan fisik para Taruna Akademi TNI sehingga diharapkan pendidikan dasar integratif dapat dijadikan bekal untuk pendidikan lanjutan kematraan di Akademi Angkatan.

Danjen Akademi TNI  Letjen TNI Bakti Agus Fadjari dalam amanatnya, mengucapkan selamat kepada para Taruna karena telah berhasil lulus mengikuti pendidikan dasar keprajuritan di Menchandra Akademi TNI.

Pendidikan dasar integratif Taruna Akademi TNI merupakan tahap awal pendidikan Pertama Perwira TNI yang bersumber dari Akmil, AAL dan AAU, dengan tujuan untuk membentuk pola sikap dari seorang sipil menjadi seorang prajurit Taruna yang memiliki jiwa dan karakter militer, memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan serta memiliki kesamaptaan jasmani yang prima.

Selanjutnya Danjen Akademi TNI Letjen TNI Bakti Agus Fadjari menekankan dan berpesan kepada seluruh Taruna, agar tetap semangat dan disiplin dalam mengikuti pendidikan lanjutan kematraan masing-masing mengingat tugas belajar selanjutnya di Akademi Angkatan semakin berat.

Dan yang tidak kalah penting adalah bangun dan pelihara terus semangat integrasi dan soliditas antara Taruna Akademi TNI yang telah terbina selama menjalani kebersamaan pada saat di Menchandra Akademi TNI.

 

 

Setelah menyelesaikan pendidikan integratif di Akademi TNI, sebanyak 779 Taruna Akademi TNI yang terdiri dari 449 Taruna Matra Darat, 190 Taruna Matra Laut dan 140 Taruna Matra Udara diserahkan ke Akademi Angkatan masing-masing guna melanjutkan pendidikan kematraan di Akmil, AAL dan AAU selama 3 tahun 6 bulan mendatang hingga mereka kelak dilantik menjadi seorang Perwira TNI dengan pangkat Letnan Dua.

 

Tinggalkan komentar