Sebentar Lagi Satelit Lapan A2 Mengorbit

Satelit A2 Lapan

Jakarta – Rencana peluncuran satelit Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) A2 tinggal beberapa bulan lagi. Akhir Juli, rencananya tim roket peluncur India akan datang ke Indonesia untuk melakukan pemeriksaan akhir sebelum satelit Lapan A2 diluncurkan.

Satelit Lapan A2 akan siap diluncurkan dengan roket milik India di pangkalan antariksa Sriharikota, India. Satelit berbobot 100 kilogram itu akan membawa misi pemantauan maritim dan pengambilan citra atau penginderaan jauh.

Kepala Lapan Thomas Djamaluddin mengatakan pekan depan atau akhir Juli 2015 akan dilakukan pemeriksaan akhir, untuk melihat kecocokan antara satelit Lapan A2 dengan roket yang akan membawanya.

“Akhir September atau awak Oktober rencananya satelit Lapan A2 akan diluncurkan. Sebulan sebelum itu, satelit akan dikirim ke India dengan kontainer khusus dan suku cadang pengganti juga tim teknis Lapan,” katanya di Jakarta, Selasa (21/7).

Thomas menambahkan sebelum diluncurkan, Lapan A2 mendapat pemeriksaan akhir seperti ada penggantian komponen dan baterai. Pemeriksaan keseluruhan ini dilakukan secara intensif dalam dua bulan terakhir.

“Salah seorang profesor asal Jerman yang dulu membimbing Lapan A1 masih melakukan supervisi pada pemeriksaan akhir Lapan A2,” ucapnya.

Satelit ini akan berada di dekat ekuatorial. Pengembangan satelit ini menghabiskan dana Rp 50 miliar, dilengkapi dengan sensor Automatic Identification System (AIS) yang mampu mendeteksi pergerakan kapal-kapal di perairan nusantara.

Satelit ini akan melintas sebanyak 15 kali dalam waktu sekitar 20 menit per hari. Terkait penguasaan teknologi satelit, untuk teknologi satelit mikro Indonesia sudah mampu dan tahun 2007 satelit Lapan A1 sudah diluncurkan. Hanya saja pada waktu itu para engineer Lapan merakitnya di Jerman. Sedangkan satelit Lapan A2 ini merupakan satelit Lapan generasi kedua.

Suara Pembaruan