Garuda Membangun Hanggar Pesawat Terbesar di Dunia

Enam Pesawat antre di bandara Soekarno Hatta untuk take off (19/07/2015)
Enam Pesawat antre di bandara Soekarno Hatta untuk take off (19/07/2015)

Tanggal 19/07/2015 saya melakukan penerbangan domestik di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tanggerang, Banten. Saya merasa waktu menunggu pesawat masuk ke landasan pacu cukup lama. “Oh antre, ujar saya dalam hati, setelah melihat lewat jendela, satu pesawat di depan berbelok s dikit ke kanan, untuk masuk ke landasan pacu.

Tapi, bukan itu yang membuat saya kaget. Ketika melihat ke belakang, ada empat pesawat lain di belakang yang sedang taxi, menunggu giliran masuk ke landasan pacu. “Wah sudah kayak mobil di jalan raya saja, pesawat pun harus antre. Saya merasa gembira, dunia penerbangan Indonesia berkembang pesat. (end).

Garuda Bangun Hanggar Pesawat Terbesar di Dunia

Hanggar Pesawat Garuda
Hanggar Pesawat Garuda

Jakarta – Garuda Indonesia membangun hanggar pesawat terbesar di dunia. Menurut informasi dari Direktur Utama Garuda Indonesia, Arief Wibowo, (18/07/2015) PT Garuda Indonesia TBK akan meresmikan hanggar pesawat terbesar di dunia yang bisa memuat 16 unit pesawat berbadan kecil.

Saat ini hanggar pesawat terbesar di dunia hanya mampu menampung delapan unit pesawat berbadan kecil saja. Hanggar ini tak hanya besar namun juga dibuat dengan konsep hemat energi. Iwan Joeniarto selaku Direktur Teknik dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia mengatakan, proses pembangunan hanggar ini memakan biaya hingga 585 miliar rupiah.

Dana tersebut didapat dari pinjaman perbankan. Lokasi hanggar ini sendiri terletak pada tanah kosong di kompleks Garuda City Center, Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Proses pengerjaan hanggar ini diperkirakan memakan waktu sekitar dua tahun. Arief Wibowo juga menambahkan bahwa operasional harian di hanggar ini kelak akan banyak menggunakan mobil listrik.

Jadi hanggar ini memang dikonsep menggunakan green energy supaya ramah lingkungan. Pihak pengelola hangar ini adalah PT Garuda Maintenance Facility.

Selain menjadi tempat pesawat, hanggar ini juga akan difungsikan sebagai bengkel pesawat. Kita nantikan saja kabar peresmian hanggar yang akan mengharumkan nama Indonesia di dunia penerbangan tersebut.

Tribunnews.com

Sharing

Tinggalkan komentar