Jangan Sembarangan Terbangkan Drone

Warsawa – Sebuah pesawat tak berawak atau drone kedapatan terbang dekat sebuah pesawat Lufthansa yang tengah melakukan pendaratan di Bandara Warsawa, Polandia. Akibatnya, pengendali drone tersebut ditangkap polisi setempat.

Disampaikan Otoritas Navigasi Udara Polandia, seperti dilansir AFP, Rabu (22/7/2015), pesawat Lufthansa tersebut terbang dari Munich, Jerman menuju ke Warsawa, Polandia pada Senin (20/7) waktu setempat.

Pilot pesawat menyadari keberadaan drone tersebut ketika pesawat berada di ketinggian 700 meter saat hendak mendarat. Namun keberadaan drone tersebut tidak mengganggu proses pendaratan pesawat.

Sehari setelahnya, atau pada Selasa (21/7), kepolisian Polandia berhasil menangkap seorang pria berusia 39 tahun terkait insiden itu. Pria yang tinggal di dekat Bandara Warsawa ini merupakan pengendali drone yang muncul saat pendaratan pesawat Lufthansa itu.

“Sebuah drone juga ditemukan,” tutur Komisaris Kepolisian Piaseczno, Robert Opas kepada kantor berita PAP.

Tidak diketahui motif pria ini menerbangkan drone di dekat bandara. Namun atas tindakannya ini, pria ini dijerat dakwaan mengganggu dan membahayakan lalu lintas udara. Dia terancam hukuman 8 tahun penjara.

Detik.com