Swedia Temukan Kapal Selam Rusia Tenggelam 1916

Satu kapal selam Rusia yang tenggelam akibat kecelakaan pada zaman Perang Dunia I kembali ditemukan. Bangkai kapal tersebut ditemukan utuh oleh Ocean X Team pekan lalu.

Ocean X Team merupakan tim khusus dari militer Swedia yang bertugas untuk mengamankan wilayah laut negara mereka. Namun ketika melakukan patroli, tanpa sengaja mereka menemukan kapal yang memiliki panjang sekitar 20 meter dan lebar 3,5 meter tersebut.

Juru bicara Ocean X Team, Jesper Tengroth, mengatakan bahwa dari rekaman video yang mereka dapat, kapal tersebut tenggelam akibat kecelakaan dengan kapal selam milik Swedia pada PD I.

Dikutip dari BBC, karena peristiwa itu sudah terlalu lama terjadi, maka saat ini kedua bela pihak tidak lagi mempermasalahkannya dan tidak lagi mencari bangkai kapal tersebut.

“Saya yakin 99,9% itu kapal Rusia yang tenggelam tahun 1916, tapi langkah berikutnya adalah memberikan konfirmasi pemeriksaan selanjutnya,” kata salah satu anggota Ocean X Team, Dennis Asberg.

Sebenarnya pada Oktober tahun lalu, angkatan laut Swedia sudah melakukan operasi pencarian intensif setelah muncul laporan yang mengatakan ada sebuah kapal milik Rusia yang pernah karam di wilayah perairan mereka. Namun operasi tersebut dihentikan karena Kementerian Pertahanan Rusia membantah bahwa ada kapal milik mereka yang tenggelam di perairan Swedia.

Analisadaily.com