Susahnya Berurusan dengan Rusia

Pengalaman TNI urusan dengan rosoboronexport selalu tidak mengenakan. Pesawat pesawat dan helikopter rusia, pada dasarnya bagus, tapi kualitasnya yang dikirim ke Indonesia sangat mengecewakan TNI.

Sukhoi mesinnya seeing masalah sampai pernah di-grounded, rosoboronexport tidak mengizinkan TNI buat utak atik mesinnya, jadi kita tidak tahu persis rusaknya apa, harus menunggu mesin baru utuh dari Rusia.

Helikopter Mi juga bermasalah sampai berjatuhan dan makan korban, rudal yakhont juga waktu tes tembak gagal dan rosoboron juga tidak kasih penjelasan apa dan main pergi saja. Akhirnya kita bisa berhasil tes tembak rudal yakhont sendiri setelah kita utak atik sistemnya sendiri.

Tidak heran setelah itu selera TNI atau kemenhan urusan sama rosoboronexport sangat rendah. Produk Rusia bagus untuk kualitas barang, tapi ketersediaan spare parts dan servisnya PARAH.

Kemenhan itu tidak sembarangan kalau ngomong. Dia tahu persis apa yang TNI butuhkan, karena dia tahu persis apa yang terjadi di lapangan (TNI).

JESTA