Swiss: Indonesia Importir Militer Kedua Terbesar

Pandur II 8×8, MOWAG, Switzerland

Geneva, 28 Juli 2015. Angka yang dirilis oleh Bea Cukai Administrasi Swiss, Selasa menunjukkan bahwa konfederasi menjual senjata ke negara-negara asing senilai hampir 217 juta franc Swiss (CHF), pada paruh pertama tahun ini.

Oerlikon Contraves SkyRanger Self Propelled Anti-Aircraft Gun is built on the MOWAG Piranha III

Angka itu menunjukkan peningkatan lebih dari 30 juta franc Swiss (CHF), dibandingkan dengan enam bulan pertama 2014. Statistik menunjukkan bahwa Jerman tetap sebagai pembeli terbesar atas peralatan militer Swiss, dengan lebih dari 63 juta CHF, yang merupakann tetangga utara Swiss.

Konfederasi terbesar kedua pengimpor senjata adalah Indonesia, yang membeli lebih dari 32 juta CHF peralatan, selama enam bulan terakhir, dibandingkan dengan nilai hanya 245 CHF di semester pertama 2014.

Demikian pula, Brasil meningkat secara signifikan dengan membeli lebih 12,5 juta CHF oleh negara Amerika Selatan tersebut, dibandingkan dengan hanya 760 CHF pada periode yang sama tahun lalu.

Sementara negara-negara ini mengalami kenaikan substansial dalam impor senjata dari Swiss, namun Swedia, Perancis dan Rusia mengalami penurunan tajam dalam jumlah impor bahan militer dari Swiss.

News.xinhuanet.com