Kapal Perang USS Fort Worth ke Indonesia

Surabaya – Kapal perang littoral combat ship (LCS) Amerika Serikat USS Fort Worth bersandar di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, guna mengikuti latihan bersama dengan TNI AL.

“Sesuai jadwal, kapal yang pada hari ini merapat di kade meter 880-984 pada pukul 09.00 WIB tersebut direncanakan sandar di Tanjung Perak selama tiga hari,” kata Kepala Humas Pelindo III Tanjung Perak, Dhany R Agustian, di Surabaya, Senin (3/8).

USS Fort Eorth

Menurut dia, kapal dengan panjang (Length Over All/LOA) 104 meter dan berat 3.230 Gross Tonnage/GT akan meninggalkan Dermaga Jamrud Utara pada tanggal 6 Agustus mendatang. Keberangkatan kapal itu direncanakan pada pukul 07.00 WIB (6/8). “Akan tetapi, kapal tersebut kembali lagi ke pelabuhan ini pada tanggal 9 Agustus 2015,” ujarnya.

Kemudian, kapal perang kedua dengan bendera sama yakni USS Germantown siap sandar di Dermaga Jamrud Utara pada tanggal 4 Agustus mendatang. Kapal dengan panjang 186 meter dan berat 11.496 GT tersebut tepatnya akan sandar di kade meter 999-1185. “Sementara, jadwal sandarnya pada pukul 10.00 WIB,” katanya.

Lalu, tambah dia, kapal USS Germantown juga berencana kembali pada tanggal 6 Agustus mendatang. Hanya saja, keberangkatan kapal itu dilakukan pada pukul 09.00 WIB. “Kunjungan kedua kapal perang itu, berdasarkan surat tembusan yang diterima Komandan Pangkalan Utama TNI AL V bertujuan mengikuti latihan bersama antara TNI AL dengan US Navy (Carat-15),” katanya.

USS Fort Eorth

Sebab itu, lanjut dia, Pelindo III Tanjung Perak meminta pengertian dari semua pihak. Apalagi kedatangan kedua kapal perang itu merupakan kunjungan resmi kenegaraan. “Dengan demikian, kehadiran kedua kapal perang itu membutuhkan tempat yang khusus sehingga kami mohon maklum kepada semua kalangan yang beraktivitas di Pelabuhan Tanjung Perak. Khususnya di Dermaga Jamrud Utara,” katanya.

Republika.co.id