Pesawat AS untuk Operasi di Suriah Mendarat di Turki

F16 USAF di Incirlik, Turki
F16 USAF di Incirlik, Turki

Istanbul – Delapan pesawat militer Amerika Serikat, Minggu (09/08), tiba di bandara Incirlik, provinsi Adanah, Turki selatan. Pesawat-pesawat ini bagian dari misi AS menargetkan Daulah Islamiyah di Suriah.

Dilansir dari Al-Jazeera, delapan pesawat itu terdiri dari enam pesawat jenis F-16, satu C-5 dan KC-135. Pesawat-pesawat militer itu mendarat di Turki bertolak dari pangkalan udara Aviano, Italia.

Sumber Turki menyebutkan bahwa delapan pesawat ini merupakan garis pertama operasi penyebaran pesawat AS di Turki. Sayang, sumber itu tidak menjelaskan jumlah total pesawat AS yang akan berada di negaranya.

Sementara menurut kantor berita Turki, Dogan, AS telah menempatkan sedikitnya 300 tentara di pangkalan Incirlik. Mereka bertugas untuk mengkoordinir operasi.

Sumber resmi di pemerintahan Turki mengatakan bahwa negaranya saat ini masuk ke babak baru dalam memerangi Daulah Islamiyah. Babak ini ditempuh setelah serangan Daulah di wilayah Turki beberapa pekan lalu yang menewaskan sedikitnya 32 orang dan melukai 104 lainnya.

Sebelumnya, AS telah melancarkan serangan perdana menargetkan Daulah Islamiyah di Suriah melalui pangkalan Incirlik. Serangan itu menargetkan Daulah di kota Raqqah. (Al-Jazeera).

Kiblat.net

Sharing

Tinggalkan komentar