Kapal Kapal Perang Rusia Merapat ke Iran

Ini adalah kali ketiga Angkatan Laut Rusia melakukan ekspedisi serupa. (Sputnik)

Moskow – Beberapa kapal perang Rusia dikabarkan akan merapat ke pelabuhan di Teheran, Iran. Bukan untuk menggelar latihan perang bersama, tapi untuk saling membangun rasa saling percaya antara Angkatan Laut Rusia dan Iran.

Menurut sumber Angkatan Laut Rusia, ekspedisi ini adalah tanda perdamaian dan persahabatan kedua negara dan dirancang untuk memperkuat rasa saling percaya dan hubungan persahabatan antara Teheran dan Moskow.

Melansir Sputnik pada Minggu (9/8/2015), kapal-kapal tersebut diperkirakan berlabuh di zona Angkatan Laut ke empat Iran siang hari ini waktu Iran. Selain itu, Komandan rombongan kapal ini dilaporkan akan mengunjungi provinsi Gilan Utara dan bertemu dengan otoritas politik dan militer setempat.

Ini adalah kali ketiga Angkatan Laut Rusia melakukan ekspedisi serupa. Sebelumnya, hal semacam ini pernah dilakukan Rusia pada tahun 2007 dan 2014 lalu. Sama halnya dengan ekspedisi terbaru, dua kunjungan sebelumnya juga dimaksudkan guna memperkuat hubungan persahabatan dan kerja sama antara kedua negara.

Sementara itu, bila Rusia sudah tiga kali melakukan kunjungan ke Iran, di sisi lain Iran sendiri baru sekali melakukan ekspedisi ke Negeri Beruang Merah. Dimana, beberapa kapal Angkatan Laut Iran merapat di pelabuhan Astrakhan, Rusia pada Agusrus 2013 lalu.

Sindonews.com