Pesawat Tempur F-16 AS Jatuh di Jerman

F-16
F-16

Bavaria – Satu jet tempur F-16 milik Amerika Serikat jatuh di sebuah hutan di Jerman selatan dalam sebuah latihan penerbangan, Selasa (11/8). Pilot jet naas itu berhasil lolos dari maut dengan melontarkan diri.

Diberitakan Reuters, insiden ini terjadi pada pukul 09.38 waktu setempat dekat Engelmannsreuth di bagian utara negara bagian Bavaria, seperti yang disampaikan juru bicara Batalion Sayap Tempur Ke-52 di Pangkalan Udara Spangdahlem dekat Trier.

Pilot jet itu berhasil melontarkan diri setelah sebelumnya membuang tangki bahan bakar di wilayah yang tidak berpenghuni. F-16 itu membawa 11 kilogram senjata latihan, namun tidak memuat amunisi asli.

image

image

Polisi setempat mengatakan bahwa pilot jet ditemukan di hutan oleh warga setempat dan menjalani perawatan untuk luka ringan yang dialaminya.

“Pilot berhasil lolos dengan parasut, dia baik-baik saja,” kata juru bicara polisi Bavaria, Stefanie Puttner.

Insiden ini terjadi saat dilakukan latihan terbang Garnisun Angkatan Darat AS dekat Grafenwoehr. Beruntung, pesawat jatuh di hutan tak berpenghuni, tidak begitu jauh dari permukiman warga.

image

image

“Militer AS bekerja sama dengan otoritas Jerman mengamankan lokasi kecelakaan. Radius 300 meter dari titik kecelakaan diamankan. Penyebab kecelakaan sedang diselidiki,” kata pernyataan militer AS.

CNN Indonesia

Sharing

Tinggalkan komentar