Luhut Pandjaitan Jadi Menkopolhukam

Jakarta – Jenderal (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan telah resmi dilantik Presiden Jokowi menjadi Menko Polhukam. Luhut pun mengungkapkan prioritas kerjanya ke depan dan menjelaskan posisinya yang sampai kini masih menjabat Kepala Staf Kepresidenan.

“Saya kira kita akan coba koordinasi dengan semua kementerian di bawah saya untuk statementnya terkoordinasi dengan baik sehingga tak ada penafsiran di lapangan. Karena saya paham ekonomi tentu saya akan kaitkan ekonomi dan hukum,” kata Luhut sembari tersenyum, saat berbincang dengan wartawan usai pelantikan menteri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8/2015).

Sejauh ini Luhut belum berkomunikasi dengan eks Menko Polhukam Tedjo Edhy. Namun ke depan Luhut akan berdiskusi tentang program yang sudah dicanangkan pendahulunya itu.

Luhut sendiri mengaku baru tahu ditunjuk sebagai Menko Polhukam tadi pagi. Dia belum tahu bagaimana kelanjutan posisinya sebagai Kepala Staf Kepresidenan.

“Tanya Presiden sekarang. Itu hak prerogatif presiden,” katanya.

Luhut mengaku hanya menjalankan perintah Presiden saja. Kalau harus rangkap jabatan Luhut juga tak menganggap itu hal yang berat.

“Biasa biasa saja. Pertimbangannya tanya saja Bapak Presiden. Diberitahunya baru tadi pagi waktu salaman tadi,” pungkasnya.

Pelantikan 5 Menteri dan Seskab

Sebelumnya, Presiden Jokowi melantik menteri-menteri baru hasil reshuffle Kabinet Kerja. 6 Menteri baru dilantik di Istana Negara.

Pelantikan dimulai pukul 13.25 WIB di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (12/8/2015). Berjejer dari kanan ke kiri, Darmin Nasution yang menjabat Menko Perekonomian, Rizal Ramli yang menjabat Menko Kemaritiman, Pramono Anung yang menjadi Seskab, Sofyan Djalil yang menjadi Kepala Bappenas, Luhut Binsar Pandjaitan yang menjadi Menko Polhukam, dan Thomas Lembong yang menjadi Mendag. Mereka semua mengenakan jas hitam dan kopyah warna senada.

Sebelum pelantikan, Luhut menghampiri dan memeluk hangat Darmin sambil tertawa. Calon-calon menteri lain lalu merapat, kemudian mereka berenam berpose bersama di depan awak media. Jepret! Beberapa foto diambil, kemudian mereka berbaris kembali ke pose semula.

Menteri-menteri lain berjejer di sebelah kiri Thomas, di antaranya ada MenPANRB Yuddy Chrisnandi, Menlu Retno Marsudi, Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan, Jaksa Agung Prasetyo dan pejabat-pejabat Negara lainnya.

Acara pelantikan dibuka dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Kemudian, acara pelantikan pun dimulai dengan pembacaan Keppres pemberhentian 6 menteri, yaitu Tedjo Edhy dari posisi Menko Polhukam, Sofyan Djalil dari posisi Menko Perekonomian, Andrinof Chaniago dari posisi Kepala Bappenas, Rachmat Gobel dari posisi Menteri Perdagangan, dan Indroyono Soesilo dari posisi Menko Maritim. Kemudian diumumkan pemberhentian Andi Widjajanto dari posisi Sekretaris Kabinet.

Setelah pembacaan Keppres pemberhentian, lalu dibacakan Keppres pengangkatan untuk 6 menteri baru, yang bunyinya mengangkat Darmin Nasution menjadi Menko Perekonomian, Rizal Ramli menjadi Menko Kemaritiman, Pramono Anung menjadi Seskab, Sofyan Djalil menjadi Kepala Bappenas, Luhut Binsar Pandjaitan menjadi Menko Polhukam, dan Thomas Lembong menjadi Mendag. Lalu keenam menteri diambil sumpahnya oleh Presiden Jokowi.

Detik.com