Jul 202014
 

KRI Bung Tomo 357 (photo : Grhm Rpr)

KRI Bung Tomo 357 (photo : Grhm Rpr)

Jakarta – KRI Usman-Harun, saat ini telah selesai proses pengerjaannya. 44 prajurit TNI AL diberangkatkan untuk menjemput dan langsung membawa pulang kapal tempur yang akan jadi kebanggaan Indonesia itu.

“Sabtu, 19 Juli 2014 tim 44 KRI Usman Harun – 359 berangkat menuju ke Jakarta menggunakan kereta api dari stasiun Pasar Turi Surabaya yang selanjutnya akan berangkat menuju ke Inggris pada hari Senin 21 Juli 2014 dalam rangkaian kegiatan KPPK MRLF,” kata Kadivkom KRI USH-359, Letda Laut (P) Asman Prasetyo dalam rilis yang diterima detikcom, Minggu (20/7/2014).

44 pasukan TNI AL itu terdiri dari 8 perwira dan 36 anggota. Sebelum diberangkatkan ke Inggris, ke 44 pasukan itu harus menjalani pengecekan akhir di Kolat Makoarmatim.

“Tim 44 yang terdiri dari 8 Perwira dan 36 Anggota terlebih dahulu berkumpul di Kolat Makoarmatim untuk pengecekan terakhir personel dan material yang akan dibawa,” jelasnya.

Uniknya, nantinya KRI Usman-Harun akan dikomandani oleh seorang prajurit wanita. Komandan KRI Usman -Harun adalah Mayor Laut (KH) Martha Latu Retno.

“Ibu Komandan KRI Usman Harun – 359 beserta tim 44 KRI Usman Harun – 359 berdoa bersama demi kesuksesan, kesehatan, keselamatan dan kelancaran seluruh prajurit KRI Usman Harun – 359 dan keluarga yang ditinggalkan dalam mengemban tugas negara pengambilan KRI Usman Harun – 359 dari Inggris,” ungkap Asman Prasetyo.

Nama KRI Usman-Harun sempat diprotes Singapura, karena negeri jiran itu menganggap Usman dan Harun adalah teroris yang merupakan pelaku pemboman di Singapura pada tahun 1960-an. Namun, pemerintah tetap bersikukuh dengan nama itu, karena Usman dan Harun merupakan prajurit Marinir TNI AL yang telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh pemerintah Indonesia.

Kapal ini dilengkapi radar sensor dan avionik, serta beberapa pucuk meriam berkaliber sedang dan beberapa rudal. KRI ini merupakan kapal perusak, namun bertipe multi role light frigate (MRLF), yaitu sejenis kapal perusak ringan, yang memiliki bobot 2.000 ton dan jangkauan tembakan tidak terlalu jauh. Kapal ini memang bukan kapal baru, tapi kapal bekas yang kemudian diupgrade teknologi dan sistem peluru kendalinya. (news.detik.com)

  42 Responses to “Prajurit TNI AL Jemput KRI Usman-Harun”

  1. Absen pagi..

    • Sudah dipasang rudal Aster belum Bung yang bisa nembakin Airbus a380 nya singapore airlines dari pulau Batam gitu loh ‘an seru masak cuma ledakin MacD doang? Hhah

  2. Mantap!! Jales Veva Jaya Mahe

  3. Joss

  4. Lumayan no 3

  5. Ikut absen..smoga slmat smpe tjuan..hati2 dijlan ya ndan retno..he3e..salam..

  6. ikutan absen, ijin nyimak

  7. selamat bertugas.. 🙂

  8. woowww… akhirnya dateng juga..

  9. Lumayan sepuluh besar

  10. 9 joss..msingaporno makin cemberut

  11. Mantab tambah terus KRI ya

  12. Siip kru nya dah berangkat utk jadi kru KRI USMAN-HARUN..yg bikin bangga juga ternyata komandan kapal nya seorang prajurit wanita jarang2 nih…see and wait action

    • semoga sepak terjang ibu komandan seperti cut nyak dhien dan cut mutia….walaupun wanita tetapi kemampuannya ditakuti kompeni….jangan lupa ni kapal simpen aja di P. Nipah markas marinir yg baru.

  13. Assalamualaikum , ijin nyimak.

  14. Assalamualaikum …
    Jangan lupa lewat selat singapura … Siapin parade kembang api.
    Yah … Empat kali salvo rudal exocet blok 2 juga ga apa-apa … He he he …

  15. welcome home bung tomo class

  16. Affirmative 😈

  17. wow. kapten kapalnya wanita .
    met tugas BU semoga slamet sampai tujuan

  18. Mantab….Selamat bertugas .Bu Retno……..

  19. Selamat Datang KRI Usman-Harun…

  20. Alhamdulillah akhirnya ada kepastiannya, semoga tidak ada hambatan dan selamat bergabung KRI Usman Harun 359.

  21. sukaaaa sama komandonya Ibu Retno, selamat bertugas..

  22. Smoga sampai tujuan dngan slamat..dn pulang dngn slamat pula…

  23. selamat jalan semoga sampai tujuan jangan lupa bawa Oleh” arsenal yg lain

  24. Bukan hanya yg block 2 bang, exo 40 yg block 3 punya kita juga siap di instal buat ngehajar daratan si musang… hehehe

  25. Manta..komandan seorang kowal. Apa g tambah tengsi ya singapor..kapal yang diributkan kaptennya cewek malah..rasain lu

  26. perang psikologi dmulai, di komandani cewek lho ini!

  27. Bukti bahwa bangsa Indonesia sangat menghargai perempuan setelah presiden sekarang komandan kapal perang semoga bu retno bisa tegas seperti lelaki dan ditunjang kelebihan intuisi yang tajam seorang wanita NKRI jaya

  28. selamat datang KRI Usman Harun, dan slmat bertugas Bu Retno. Smga slmat diperjalanan dan kembali ke tanah air .
    NKRI Harga Mati, jalesveva jayamahe

  29. Buat nakut-nakutin Singapork cukup dg Laksamana perempuan saja.

    Jayalah TNI

  30. emang jeroannya gimana bung? :mistergreen:

  31. Bung diego n sspuh adakah pict kapal angkut tank yg dibuat oleh PT.DRU Lampung..trmkasih..salam..

  32. Oh iya … Jadi inget … Ngomong-ngomong komandannya perempuan ya …
    Mudah-mudahan mengalir darah semangat dari Laksamana Malahayati (Aceh) serta Ratu Kali Nyamat (Jepara) …
    Mantap …

  33. Oooo gt

  34. Sangat menggelikan kalu pihak Inggris ikut keberatan jika MRLF diberi nama KRI Usman Harun, pertama krn Inggris sbg negara besar didiketi Singapork mantan koloninya, kedua bhw MRLF pertama diberi nama KRI Bung Tomo aja Inggris gak ribut, padahal mereka tahu siapa Bung Tomo, adalah tokoh arek arek Suroboyo yg memimpin laskar melawan Inggris/Sekutu di surabaya, dengan korban pihak Inggris salah satunya Brigjen Malaby,,tentu sama2 maklum bhw bagi Inggris Bung Tomo adalah extremis,sdngkan bagi RI adalah Pahlawan..kedua belah pihak harus sama2 bisa melupakan konflik masa lampau sbg bagian dari gejolak geopolitik th 1940 an..sangat disayangkan jika Singapork tdk bs dewasa spt mantan tuan besarnya

  35. aduh kalian ini… sukanya kok berperang. hmmmmm.

 Leave a Reply