Kamera Mobil Rekam Momen Bom Bangkok

Sosok diduga Pelaku Peledakan Bom di Bangkok
Sosok diduga Pelaku Peledakan Bom di Bangkok

Bangkok — Momen ledakan bom yang menghancurkan salah satu tempat wisata paling populer di Bangkok, Senin (17/8/2015) malam, tertangkap kamera dari berbagai sudut, termasuk kamera dasbor mobil, saat sejumlah pengendara terjebak kemacetan di ibu kota Thailand itu.

Dalam sebuah tayangan yang terekam dari dalam sebuah mobil, sebuah kilatan cahaya putih terlihat menerangi langit malam ketika ledakan besar itu terjadi. Para pengemudi pun mulai membunyikan klakson mobil-mobil mereka, sebelum orang-orang tampak berlarian ke tempat yang aman.

Kamera di sebuah kendaraan, tampaknya lebih dekat dengan lokasi ledakan, yang berhenti di lampu lalu merah saat bom meledak, merekam adegan api yang berkobar di jalanan. Seorang perempuan pejalan kaki terlihat menjauh dalam kondisi pincang. Dia dibantu seorang pria.

Seseorang yang sedang berjalan melintasi sebuah jembatan penyeberangan di dekat persimpangan Ratchaprasong sedang merekam dengan ponselnya ketika ledakan menggucang daerah itu. Jembatan penyeberangan tersebut terlihat penuh sesak oleh orang. Mereka kemudian terdengar menjerit saat berlarian dari jembatan itu.

Kepolisian Thailand mengatakan, setidaknya 21 orang tewas dalam ledakan di Kuil Erawan yang terjadi pada sekitar pukul 19.00 itu. Jumlah korban tewas awalnya simpang siur. Kantor berita Reuters, Senin malam, bahkan melaporkan bahwa jumlah korban tewas 27 orang. Namun, angka itu tampaknya belum terkonfirmasi.

Pihak kepolisian mengatakan, sebanyak 123 orang terluka dalam peristiwa teror yang menyasar para wisatawan asing di pusat kota Bangkok tersebut. Warga negara Tiongkok, Filipina, dan Hongkong termasuk dari mereka yang tewas dalam ledakan itu. Korba luka-luka termasuk warga negara Singapura dan Taiwan.

https://youtu.be/-uaNIRdgrGY

Menteri Pertahanan Thailand Prawit Wongsuwong mengatakan, bom tersebut berjenis trinitrotoluene (TNT). “Pelaku menyasar warga asing serta merusak sektor turisme dan ekonomi,” ujar Wongsuwong.

Hingga saat ini, belum ada kelompok atau orang yang mengaku bertanggung jawab atas insiden tersebut.

Identifikasi Pelaku

Sosok diduga Pelaku Peledakan Bom di Bangkok (Pic by: Nick Razzell)
Sosok diduga Pelaku Peledakan Bom di Bangkok (Pic by: Nick Razzell)

Pihak kepolisian Bangkok, Thailand mengaku telah berhasil mengidentifikasi pelaku serangan bom semalam. Identifikasi tersebut berdasarkan rekamanan CCTV yang terpasang di sekitar lokasi kejadian.
 
Foto-foto terduga pelaku seranganpun mulai beredar, paska pengumuman polisi Thailand. Melansir Dailymail pada Selasa (18/8/2015) pelaku diketahui seorang pria muda, dengan perawakan tubuh kurus, dengan rambut tanggung.
 
Pemuda tersebut diketahui menggunakan baju berwarna kuning dan menggunakan celana pendek, serta berperawakan lebih seperti turis dibandingkan warga lokal. Kecurigaan terhadap pemuda itu muncul karena pada awal rekaman CCTV dirinya nampak menggunakan sebuah tas punggung,
 
Namun, secara perlahan-lahan, agar tidak terlihat mencurigakan pemuda meletakan tas punggung tersebut dan berlalu pergi. Tidak lama kemudian sebuah ledakan besar terjadi, dan menewaskan 22 orang serta melukai ratusan orang lainnya.
 
Polisi Thailand sendiri saat ini telah melakukan operasi pencarian secara besar-besaran untuk menemukan dan menangkap pelaku. Selain pria berbaju kuning tersebut, seorang wanita juga diduga terlibat dalam aksi teror itu.
 
Sama dengan sang pria, wanita tersebut dicurigai meletakkan tas misterius 15 menit sebelum ledakan bom terjadi. Wanita itu meletakkan tas misterius di Kuil Erawan, dan terekam kamera ponsel seorang saksi mata.

Kompas.com dan Sindonews.com

Sharing

Tinggalkan komentar