Google Tampilkan Robot Atlas Terbaru

image

Boston Dynamics, perusahaan robot milik Google, untuk pertama kalinya mempertontonkan footage robot humanoid (meniru gerakan manusia), yang berjalan di suatu hutan, maupun yang berjalan di bebatuan. Marc Raibert pendiri dari Boston Dynamics menampilkan cuplikan video robot itu dalam konferensi pers di Boston, Massachusetts, awal bulan ini.

Robot Atlas dengan formasi kaki six-foot-two melangkah di dalam hutan dan bergerak agak cepat. Robot dengan bobot 300 pon ini menggunakan kamera stereo dan laser rangefinder untuk mengenali lingkungan sekitarnya. Robot Atlas mmeiliki 28 sendi sehingga memungkinkannya untuk meniru berbagai gerakan manusia.

http://youtu.be/NwrjAa1SgjQ

Kemampuan robot untuk berjalan telah diuji di laboratorium, tetapi di dunia nyata yang tak terduga menghadirkan tantangan baru. “Di dunia nyata ada tantangan yang sama sekali berbeda dengan di laboratorium, Anda tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi,” ujar Raibert.

Untuk itu Boston Dynamics terus meningkatkan kemampuan robot ini. Google berharap dapat menghapus power tether (ketergantungan koneksi jatingan) yang melekat pada robot Atlas, agar robot ini lebih independen.

image

Perusahaan Boston Dynamics yang dibeli oleh Google pada tahun 2013, berupaya menciptakan pola pergerakan hewan dan manusia pada robot ciptaan mereka ini. Ketika ada resiko terjatuh, Atlas membuat langkah-langkah cepat untuk menstabilkan diri sendiri, dan juga akan menyeimbangkan satu kaki saat ditabrak dari samping.

Tahun lalu, Boston Dynamics menunjukkan bagaimana Atlas menirukan “crane kick” ala Karate Kid. Atlas nantinya diharapkan dapat digunakan dalam operasi pencarian dan penyelamatan, terutama di kondisi yang akan berbahaya bagi manusia.

0 Shares

Tinggalkan komentar