Korea Utara dan Selatan Bertukar Tembakan Artileri

image

Korea Utara menembakkan artileri melintasi perbatasan ke Korea Selatan, membuat Seoul menanggapinya dengan tembakan artileri juga.

Korea Utara bertujuan menghancurkan pengeras suara di sebuah kota perbatasan yang bersiaran dengan suara menggelegar berisikan materi anti-Pyongyang, ujar media Korea Selatan.

Sebagai tanggapan, Korea Selatan menembakkan puluhan peluru artileri 155mm ke lokasi di mana shell itu berasal, kata kementerian pertahanan Korea Selatan.

image

KBS News, mengutip seorang pejabat militer Korea Selatan mengatakan bahwa Korea Utara melakukan tembakan sekitar pukul 16:00 waktu setempat (19:00 WIB).

Yonhap mengatakan tembakan tidak menyebabkan kerusakan berarti dan belum ada tanggapan dari Pyongyang soal tembakan artileri tersebut.

Kementerian pertahanan Korea Selatan mengatakan peralatan pengawasanmereka berhasil mendeteksi lintasan yang diduga roket dan sedang menyelidiki insiden itu.

“Militer kami telah meningkatkan pemantauan dan mengamati dengan seksama pergerakan militer Korea Utara,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

image

Tidak ada rincian tentang korban cedera di kota perbatasan atau di Utara, namun media di Korea Selatan melaporkan bahwa kota-kota di sisi Korea Selatan perbatasan sedang dievakuasi.

Korea Utara berjanji membalas provokasi siaran itu yang mengkritik Pyongyang namun memuji demokrasi di Korea Selatan.

Sky.com

Sharing

Tinggalkan komentar