Hawk 100/200 Latihan di Padang

Sebanyak 5 pesawat tempur Hawk 100/200 dari skadron udara 12 Lanud Rusmin Nuryadin Pakan Baru mengadakan latihan satuan dengan sandi “Bido Jelajah-15” di wilayah Sumatera-Barat , Kamis (20/8).

Latihan ini di gelar bertujuan untuk menyiapkan dan mengoperasikan pesawat temput taktis baik operasi lawan udara ofensif, operasi pertahanan udara dan operasi dukungan udara sesui tugas pokok Skadud 12.

Kegitan yang berlangsung selama 3 (tiga ) hari diawali penerbagan dari Lanud Rusmin Nuryadin menuju Lanud Tanjung Pinang Ron(Remain over night) dan dilanjukan penerbangan pagi hari menuju Lanud Palembang serta hari ini mendarat di Bnadara Internasional minangkabau Padang Pariaman.

Menurut Danlanud Padang Letkol Pnb Mohammad Apon ST, MPA latihan operasi udara yang di laksanakan oleh skadron udara dengan pesawat tempur Hawk 100/200 di wilayah sekitar Provinsi Sumatera Barat bertujuan untuk menjaga kedaulatan NKRI. Kita memang belum menemukan indikasi pelanggaran seperti, penerbangan gelap (black flight) maupun tindakan ilegal lainya namum bukan berarti kita harus lengah atau tinggal diam kedaulatan NKRI sudah menjadi harga mati jelasnya.

Sementara itu Danskadron 12 Letkol Pnb Jajang S. menambahkan latihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan menambah pengalaman terbang bagi penerbang tempur dalam melaksanakan terbang navigasi jarak jauh dari satu tempat ke area lain dengan sandi “Bido Jelajah-15”.

Selain itu melalui latihan ini kita juga ingin menjadi inspirasi generasi pemuda Sumbar yang gagah berani untuk bergabung dengan Angkatan Udara. Banyak pilot tempur hebat lahir dari Sumatera- Barat dan semua cita-cita ini bisa terwujud hanya dengan perjuangan, seperti kita lihat bersama, anak seorang petani, pedagang, guru dan rakyat kecil sudah banyak yang berhasil menjadi pilot sambil senyum manis ujarnya.

Latihan “Bido Jelajah-15” melibatkan sebanyak 61 personi terdiri dari 12 penerbang dan 49 orang teknisi. Selain itu membantu kelancaran dan dukungan logistik juga di dukung 2 unit C-130 dari skadron udara 31, serta 1 unit CN-295 dari Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta bertugas sebagai pendukung tim advanceteam dan a way kit. 5 Pesawat tempur yang dilibatkan dalam latihan ini yaitu, 1 pesawat Hawk 100 (TL-0103) dan 4 pesawat Hawk 200 (TT-0202, TT-0209, TT-0210 dan TT-0214).

Sumber : TNI AU
Foto ilustrasi
Kiriman: Telik Sandi