Akhirnya Kapal Selam Amur Dibeli Juga

Kapal Selam Amur 1650

-Malaysia juga berminat terhadap kapal selam Amur-1650 buatan Rusia ini-

Maroko dan Rusia dikabarkan telah mendekati kesepakatan penjualan kapal selam Amur-1650 (proyek 677E). Kapal selam yang dikenal super senyap ini akan menjadi kapal selam pertama yang dimiliki negara kerajaan itu, ungkap laporan World Tribune.

Ria Novosti hari Sabtu 22 Agustus 2015 melaporkan kontrak diharapkan akan ditandatangani ketika kunjungan Raja Mohammed VI ke Moskow akhir tahun ini. Kedua negara telah melakukan pembicaraan dalam beberapa tahap sejak 2013 dengan nilai kesepakatan diperkirakan mencapai US$ 342 juta.

Pada acara DSA 2014 Internasional Arms Forum di Malaysia, Angkatan Laut Malaysia menyatakan minatnya untuk membeli kapal selam ini. “Komandan Angkatan Laut Malaysia mengunjungi display kami dan menyatakan minat terhadap kapal selam Amur-1650 kami,” kata juru bicara Rosoboronexport sebagaimana dikutip Rossiskaya Gazeta.

Kapal selam listrik diesel Amur-1650 dikembangkan oleh biro desain Rubin. Selain pembangkit listrik udara-independen, kapal selam ini dilengkapi dengan generator diesel reguler dan satu set akumulator.

Ketika di permukaan kapal selam akan menggunakan tenaga diesel-listrik, dan akumulator serta pembangkit listrik udara independen akan digunakan ketika menyelam. Dengan demikian, kapal selam jenis ini memiliki spesifikasi teknis seperti kapal selam bertenaga nuklir.

Dibandingkan dengan pendahulunya, kapal selam Amur-1650 mampu menembakkan enam rudal secara bersamaan dan memiliki sistem hidroakustik dengan sonar yang unik untuk mendeteksi target suara rendah pada berbagai jarak.

Fitur utama dari Amur-1650 adalah super senyap. Menurut para ahli, ketenangan kapal selam baru ini melebihi kapal selam dari kelas Varshavyanka (proyek 636) dan diyakini sebagai kapal selam paling tenang di dunia. Amur-1650 memiliki panjang 66,8 meter dan lebar 7,1 meter.

Ketika menyelam, kapal selam bisa mencapai kecepatan 21 knot (39 kmh) pada jarak 650 mil. Kapal selam itu bisa berada di kedalaman 250 meter. Persenjataannya termasuk 18 torpedo dan 10 rudal vertikal berbasis silo. [sputnik]

Garudamiliter.blogspot.com