Prancis Tawarkan Kapal Mistral ke Malaysia

Kapal Mistral Class Prancis yang tak jadi dijual ke Rusia

Paris – Menteri Pertahanan Perancis akan membahas penjualan salah satu kapal angkut helikopter (LHD) Mistral class dengan Malaysia, setelah dibatalkannya pnjualan kapal tersebut ke Rusia, ujar sumber Prancis kepada situs berita latribune. fr.

Sekembalinya dari Malaysia, Jean-Yves Le Drian juga akan berkunjung ke India untuk menandatangani kesepakatan pembelian 36 jet tempur Rafale buatan Dassault Aviation, Prancis.

Sebuah sumber yang mengetahui pembicaraan itu mengatakan kepada Reuters pada hari Jumat bahwa pembelian Rafale oleh India akan diselesaikan dalam waktu sekitar 10 hari.
 
Dassault pada bulan Februari memenangkan order ekspor pertama untuk jet tempur Rafale ke Mesir. Sejak itu, Qatar juga telah menyampaikan pesanan, dan pembicaraan pembelian juga sedang berlangsung dengan Malaysia dan Uni Emirat Arab.

India juga tertarik dengan Mistral
Presiden Prancis Francois Hollande pada Selasa menegaskan bahwa ada beberapa pembeli potensial untuk dua kapal Mistral, setelah France membatalkan penjualan kapal ke Rusia akibat krisis Ukraina.

Tidak ada seorang pun segera dicapai untuk komentar di kementerian pertahanan Prancis, Dassault Aviation atau pabrikan Mistral DCNS, di mana Thales memegang 35 persen.

Detik.com