Iran – Rusia Teken MoU Pengiriman S-300

Iran dan Rusia akhirnya menandatangani memorandum (MoU) pelaksanaan perjanjian pasokan sistem pertahanan rudal S-300 Rusia ke Iran, 27/08/2015, menurut seorang pejabat senior Federal Rusia untuk Kerjasama Teknik Militer.

“Minggu ini, nota tentang pelaksanaan perjanjian untuk memasok sistem pertahanan rudal S-300 Rusia ke Iran telah ditandatangani. Ini adalah semacam ‘road map’,” kata pejabat itu kepada RIA Novosti.

Dia menambahkan bahwa memorandum tidak menentukan kerangka waktu tertentu, jumlah sistem yang akan disampaikan ataupun harga penjualan.

Pada tahun 2007, Rusia dan Iran menandatangani kesepakatan untuk pengiriman lima batalyon S-300, dengan harga $ 800 juta. Moskow menangguhkan kesepakatan itu setelah Dewan Keamanan PBB mengeluarkan embargo senjata terhadap Teherandi tengah kecurigaan bahwa Iran akan menciptakan senjata nuklir.

Presiden Rusia Vladimir Putin mencabut larangan penjualan S-300 ke Iran, pada bulan April, tak lama setelah kelompok perunding internasional dan Iran, P5 + 1, mencapai kesepakatan kerangka kerja sama nuklir dan menghapus semua sanksi ekonomi terhadap Teheran dengan pertukaran janji Iran untuk mengurangi pengayaan uranium dan jumlah sentrifugal di negara mereka.

RIA Novosti