Jet Tempur Berputar-putar di Atas Ribuan Demonstran Malaysia

Foto: Herianto Batubara/detikcom

Kuala Lumpur – Ribuan massa Bersih 4.0 menggelar demonstrasi di kawasan Dataran Merdeka, Kuala Lumpur, Malaysia. Namun dua jet tempur tampak beberapa kali berputar di atas lokasi massa berdemo.

Pantauan detikcom, ada sekitar 10-15 ribu massa yang ada di kawasan Dataran Merdeka, Minggu (30/8/2015) pukul 10.00 waktu setempat. Mereka semua kompak mengenakan baju warna kuning terang.

Di lokasi ada panggung besar didirikan di tengah jalan. Ada beberapa orator yang bergantian membakar semangat massa untuk menggulingkan Najib dengan lagu ataupun yel-yel. Beberapa peserta juga diajak bergantian naik ke atas panggung untuk berkisah tentang pengalaman mereka tidur di tengah jalan.

Namun di tengah-tengah acara, di atas langit tampak beberapa kali helikopter melintas berkelompok. Tak hanya itu, dua jet tempur diduga jenis Sukhoi juga beberapa kali melintas di atas ribuan demonstran. Jet tempur ini jadi pusat perhatian tiap kali melintas karena suaranya yang keras dan bergemuruh.

Namun jet tempur itu tak ada kaitannya dengan aksi demonstrasi ribuan massa. Dua jet tempur itu dan helikopter tadi, menurut panitia aksi Bersih 4.0 dan massa di lokasi tengah gladi bersih untuk perayaan HUT.

“Itu mereka hanya latihan untuk Hari Kebangsaan besok,” ucap salah satu volunteer Bersih 4.0 Sidiqin Omar di lokasi.

Hingga pukul 11.55 waktu setempat, massa Bersih 4.0 semakin banyak memenuhi Dataran Merdeka meski cuaca di lokasi sangat terik. Diperkirakan jumlahnya sekitar 15-20 ribu orang. Orasi-demi orasi tengah berlangsung menyuarakan agar Najib mundur dari jabatannya.

Detik.com