Kapal Cepat Rudal Produksi Vietnam

image

Galangan kapal lokal Vietnam, Hong Ha membuktikan bahwa mereka mampu dan telah menyerahkan 4 kapal patroli cepat tipe TT400TP. TT adalah Tu?n Tra (Patrol), sementara angka 400 menandakan berat kapal sekitar 400 tons, dan TP berati Tàu Pháo (gunboat).

Kapal Tipe TT400TP ini merupakan hasil desain Ukrania dalam proyek ‘Lan’. Kapal jenis ini digunakan sebagai pertahanan pantai untuk menjaga keamanan dari illegal fishing. Selain itu, mengutip Wikipedia, kapal jenis ini ditugaskan sebagai penyangga serangan bila ada penyerangan operasi amfibi, memberi bantuan kapal sipil maupun untuk operasi SAR.

Kapal bersenjata HQ 275 merupakan kapal keempat yang berhasil diproduksi oleh Galangan Lokal Hong Ha, Vietnam. Kemampuan kapal ini termasuk dalam tipe kapal cepat yang dapat melaju sampai 32 knot, jarak jelajah sekitar 2.500 miles dan bisa belayar selama 30 hari.

image

Dengan kapasitas awak kapal sebanyak 28 orang (menurut IHS Janes bisa mencapai 35 kru). Kapal ini mempunyai panjang sekitar 55 m, lebar 9 m dan draft 2,7 meter. Dan juga membawa satu perahu karet RHIB.

Persenjataan kapal HQ 272 Class ini termasuk garang untuk seukuran kapal patroli cepat, di posisi A dipasang meriam automatis Ak 176, di belakang dipasang senjata CIWS AK 630. Serta 2 unit senjata mesin kaliber 14,5 mm dan tidak ketinggalan untuk melahap serangan udara, di gunakan 18 rudal Igla yang mampu melahap target dalam jarak 5 km.

image

image

Sayangnya kapal ini tidak dipasang rudal anti kapal, namun bila melihat posisi belakang kapal, bukan hal mustahil bila memaksa, rudal anti kapal akan dipasang di kapal. Menariknya semua alutsista kapal ini bukan produksi China. Dan karena adanya gesekan dilaut inilah, Vietnam mulai menambah kekuatan pertahanan mereka. Kemampuan kapal ini diberitakan mampu belayar dengan kondisi sea state 5.

Vietnam sendiri berencana untuk memproduksi sebanyak 8 unit dari tipe HQ 272 class, namun pengadaan berikutnya belum terealisasi sampai saat ini. Ruang navigasi terlihat rapi. Terlihat perkembangan produksi kapal Vietnam mencapai kemajuan dan bisa sejajar dengan kapal produksi negara lain. Selain kapal cepat patroli ini, Vietnam juga berhasil memproduksi kapal korvet dari lisensi Rusia, Molniya Class.

Garudamiliter.blogspot.com

Sharing

Tinggalkan komentar