Kerjasama Radar Indonesia China

YLC-2V Radar
YLC-2V Radar

Indonesia yang diwakili PT LEN dan CETC China berkerja sama dalam Defence Electronic Complex of Indonesia (DECI) Program, yang dibahas dalam Indonesia China Defence Industry Cooperation Meeting ke 4, yang diselenggarakan 27-28 Agustus 2015, di Beijing China.

Program ini adalah kerjasama transfer teknologi di bidang kestabilan Defence Electronic Field. CETC China menginginkan agar proyek ini dibagi ke dalam beberapa phase, untuk mempermudah penerapan teknologinya. Namun paket budget belum disepakati.

Kedua pihak berencana untuk memulainya dari satu atau dua proyek individual di lapangan, seperti pembuatan Radar OTH 400 km, atau bisa dimulai dari proyek pelatihan sumber daya manusia. Kedua pihak sepakat untuk mendiskusikan dan mendalami proyek tersebut.

YLC-2V Radar
YLC-2V Radar

Masih soal radar, dalam pembahasan yang lain CETC China melaporkan hasil biddingnya di April 2015 untuk Project CGI Radar, Indonesia. Namun pihak Indonesia belum selesai mempelajari bidding yang diajukan oleh CETC China.

CETC China mengajukan radar YLC-2V yang memiliki advanced Active Electronic Phased Steering and other cutting-edge technologies, dan dinyatakan telah sukses diuji coba oleh TNI AL yang ditandai oleh pengeluaran sertifikat dari CETC China.

Semar Mendem

Sharing

Tinggalkan komentar