Israel Khawatirkan Militer Rusia di Suriah

Pesawat terbang Rusia yang dikatakan mengangkut bantuan mendarat di Latakia, Suriah.

Moskow – Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu, mengunjungi Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir Putin dan membahas tentang pengerahan besar-besaran militer Rusia di Suriah.

Menurut mantan penasihat PM Netanyahu yang tidak ingin disebutkan namanya, Netanyahu melakukan kunjungan itu karena takut dengan militer Rusia yang berada di Suriah. Menurutnya, senjata Rusia di Suriah memiliki potensi mengarah ke perbatasan Israel.

“Permintaan akan datang dari pihak Israel, dan Rusia mungkin setuju untuk membatasi pergerakan mereka di Suriah, atau ada solusi lain, seperti Rusia hanya terbang pada siang hari, sementara Israel akan terbang pada malam hari,” ucapnya, seperti diberitakan Al Arabiya, Senin (21/9/2015).

“Salah satu kekhawatiran Pemerintah Israel adalah, jet tempur kami dapat berhadapan dengan sistem pertahanan udara Rusia yang ditempatkan di Suriah, atau bahkan mungkin pesawat kami akan berhadapan langsung dengan pesawat tempur Rusia,” sambungnya.

Kendati demikian mantan penasihat PM Netanyahu itu mengatakan, aksi militer Pemerintah Rusia di Suriah masih dapat dikategorikan sebagai tindakan yang penuh tanggung jawab.

Okezone.com