AS Tolak Transfer Teknologi Utama Bagi Proyek KFX

Radar KFX-C103-iA Korea menggunakan active electronically scanned array (AESA)/ active phased array radar dan sistem sensor optik “Electro-Optical Distributed Aperture System” EODAS. Sistem EODAS dari KFX tempur-C103-iA diatur di depan kokpit kaca depan. Desain ini mirip dengan tata letak pada Su-30/35 atau tempur SU T-50 Rusia

22/09/2015 – Pemerintah AS menolak 4 jenis transfer teknologi utama yang seharusnya dilakukan oleh perusahaan Lockheed Martin, AS, kepada militer Korea Selatan terkait impor jet tempur generasi berikutnya F-35.

Menurut anggota Partai Aliansi Politik Baru untuk Demokrasi-NPAD, Ahn Gyu-baek, AS menolak transfer 4 jenis teknologi terkait radar AESA dari 25 jenis teknologi yang disepakati saat otoritas militer Korea Selatan membeli jet tempur F-35.

Ketua Badan Administrasi Program Akuisisi Pertahanan Korea Selatan, Jang Myung-jin menyatakan di dalam audit dan inspeksi parlemen tanggal 17 September lalu, pihaknya sedang mengembangkan teknologi terkait dalam negeri dan melalui kerjasama internasional karena AS menolak transfer teknologi.

Ditambahkannya, isi kontrak dengan AS tidak dipenuhi, namun tidak ada cara yang memberi sanksi kepada Lockheed Martin karena AS tidak memberi persetujuan.

World.kbs.co.kr/indonesian