Putin : Mendukung Assad Adalah Cara Hentikan Perang

Presiden Rusia Valdimir Putin | (Reuters)

Washington – Presiden Rusia, Vladimir Putin kembali menegaskan, memberikan dukungan untuk Presiden Suriah Bashar al-Assad adalah satu-satunya cara untuk menghentikan perang yang sudah berlangsung selama empat tahun di negara itu.

“Itu keyakinan saya yang mendalam, bahwa setiap tindakan yang bertentangan, untuk menghancurkan pemerintah yang sah, akan menciptakan situasi yang dapat anda saksiskan sekarang di negara-negara lain, di wilayah ini atau di negara lain. Contohnya Libya, dimana semua lembaga negaranya hancur,” ujar Putin saat diwawancara dalam program CBS News, seperti disalin dari laman The Telegraph, Jumat (25/9/2015).

Menurut Putin, jalan untuk menghentikan perang di Suriah adalah dengan penguatan struktur pemerintahan yang efektif dan membantu mereka dalam memerangi terorisme. “Tetapi pada saat yang sama, kita mendesak mereka untuk terlibat dalam dialog positif dengan oposisi dan melakukan reformasi,” tegas Putin.

Putin sendiri pada pekan depan dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama di sela-sela sidang Majelis Umum PBB. Meski begitu, Putin menegaskan, jika perbedaan pemikiran keduanya terkait solusi di Suriah begitu lebar.

Sindonews.com