Australia Latihan Militer Uji Kemampuan HMAS Canberra

Angkatan Pertahanan Australia sedang menguji kemampuan amfibi terbarunya di laut yang menjelang mendatang datangnya badai (siklon). Latihan SEA RAIDER di utara Queensland ini melibatkan 1.400 tentara yang dimulai dengan HMAS Canberra membawa helikopter angkut, kapal pendarat, perahu kecil, truk, pengangkut pasukan dan kendaraan lainnya.

Latihan ini dilakukan oleh Joint Force Headquarters yang berbasis di Brisbane, di bawah komando Mayor Jenderal Stuart Smith. Latihan SEA RAIDER didukung oleh HMAS Stuart, sejumlah aset Angkatan Udara dan pasukan komando serta instansi pemerintah lainnya.

Mayor Jenderal Stuart Smith mengatakan latihan antar-lembaga ini dirancang untuk membantu ADF dan DFAT bekerja sama secara efisien dan kooperatif dalam krisis. “Ini kekuatan amfibi telah diuji dalam skenario yang mencerminkan tugas Pemerintah Australia agar dapat langsung dalam menanggapi keadaan darurat lokal dan regional, “katanya.

Komandan Satuan Tugas Amphibi, Kapten Jay Bannister RAN, menekankan pentingnya latihan SEA RAIDER. “Kami sekarang telah sampai ke tahap pengujian ketiga dan memasuki tahap akhir – Latihan SEA RAIDER. Latihan ini merupakan latihan untuk bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana di masa depan, untuk misi serta evakuasi warga sipil di seluruh lingkungan yang luas dengan dukungan dari rekan-rekan dari Departemen Luar Negeri dan Perdagangan, “kata CAPT Bannister.” Seri latihan laut ini akan berakhir awal Oktober 2015.