Mengintip ‘Kuburan’ Massal Pesawat

KUBURAN PESAWAT 2

Tidak hanya manusia yang memiliki tempat peristirahatan terakhir. Ternyata pesawat juga punya. Lalu, dimanakah tempatnya?

Di gurun Arizona inilah lebih dari 4.400 pesawat, mulai dari pesawat kargo besar, pembom hingga jet tempur supersonik F-14 Tomcat disimpan dan dilestarikan. Lokasi yang diberi nama Aerospace Maintenance and Regeneration Group (AMARG) 309 ini berdiri sejak tahun 1946. Awalnya lokasi ini digunakan untuk basis pesawat B-29 DAN C-47, dan menyimpan kelebihan pesawat milik Departemen Pertahanan dan Coast Guard pemerintah AS.

‘Kuburan’ ini memiliki area seluas 11 kilometer persegi. Sebanyak 550 orang yang sebagian besar adalah warga sipil, bertugas untuk melakukan perawatan dan perbaikan.

KUBURAN MASSAL PESAWAT 3

Sebenarnya AMARG merupakan wilayah terlarang dan tidak semua orang bisa masuk tanpa izin. Bahkan, para pekerja di lokasi ini tidak diperbolehkan untuk membawa kendaraan pribadi ke lokasi. Mereka wajib menaiki tur bus yang telah disediakan.

AMARG juga telah menjadi lokasi syuting beberapa produksi film dan televisi, meskipun untuk izin keamanan agak berat dari AMARG dan pangkalan. Yang paling baru dan terkenal adalah film Transformers: Revenge of the Fallen (2009).

 

Sharing

Tinggalkan komentar