155 Pesawat Unjuk Kemampuan

T-50i Golden Eagle TNI AU
T-50i Golden Eagle TNI AU

Jakarta –  155 pesawat TNI Angkatan Udara dari berbagai jenis, dikerahkan dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke-70, yang puncaknya dipusatkan di dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, 5 Oktober 2015 mendatang. Pesawat tersebut akan melaksanakan berbagai misi, seperti demonstrasi Operasi Udara Gabungan (Opsgab) TNI, fly past, aerobatik, SAR Tempur serta penarikan Banner.

Kepala Dinas Penerangan Udara Marsma Dwi Badarmanto menjelaskan, pada demo Opsgab TNI, sebanyak 24 pesawat, TNI AU, terdiri dari 16 pesawat tempur (6 pesawat F-16 fighting falcon, enam pesawat Sukhoi Su-27/30 dan empat pesawat T-50i golden eagle), akan mendemonstrasikan serangan udara strategis (OSUS).

Sedangkan dua pesawat C-130 Hercules akan mendukung pelaksanaan penerjunan rubber duck, dan dua pesawat CN-295 mendukung penerjunan free fall. Sebagai air cover akan dilaksanakan oleh dua pesawat tempur F-16 figthing falcon. “Peringatan HUT ke-70 TNI yang dihadiri Presiden Joko Wdodo, pesawat-pesawat TNI AU juga akan melaksanakan demo terbang lintas (fly past),” ujarnya, (29/9/2015).

Selain itu, dalam peringatan nanti sebanyak 87 pesawat yang terdiri dari unsur Helikopter baik Colibri dan Super Puma, unsur pesawat latih (Grob), unsur angkut (C-130 Hercules dan CN-295), unsur intai (B-737) dan unsur tempur (Sukhoi Su-27/30, Hawk 100/200 danSuper Tucano EMB-314) bersama-sama pesawat-pesawat TNI AD dan TNI AL juga akan melaksanakan terbang lintas.

“Untuk demo aerobatic, pesawat-pesawat KT-1 Wong Bee yang tergabung dalam Jupiter Aerobatic Team (JAT) akan unjuk kebolehan menampilkan berbagai manuver udara menegangkan. Sementara dua pesawat Cessna akan melakukan penarikan banner sebelum acara dimulai. Untuk keperluan Search and Rescue (SAR) TNI AU juga menyiagakan satu unit Helikopter SAR,” imbuhnya.

Dwi menambahkan, selain unsur pesawat, TNI AU juga mengerahkan pasukan upacara dan defile. Lebih kurang 3.000 prajurit dan PNS terlibat sebagai pasukan parade dan defile.?

Sindonews.com

Sharing

Tinggalkan komentar