INS Kochi, Kapal Perusak Terbesar Buatan India

1027760472

NEW DELHI (Sputnik) – Menteri Pertahanan India Manohar Parrikar menerima Destroyer INS Kochi, yang merupakan kapal perang terbesar yang pernah dibangun India, ungkap koresponden Sputnik.

INS Kochi merupakan kapal perusak dari Kolkata class, mulai dibangun pada bulan Oktober 2009. Menurut laporan media lokal, INS Kochi menjadi perusak kesepuluh yang dimiliki armada tempur India. Kapal perusak ini berbobot hampir 8.300 ton dengan panjang 163 m.

INS Kochi dilengkapi 32 rudal Barak 8 untuk pertahanan udara jarak menengahnya dan dipersenjatai 16 rudal Brahmos untuk serangan anti kapal. Untuk peran anti kapal selam INS Kochi dilengkapi 4 peluncur torpedo MK46 dan 2 stasiun peluncur roket anti kapal selam RBU-6000.

“Kami ingin menjadikan (Angkatan Laut India) sebagai kekuatan Real Blue Ocean Navy. Sebuah Angkatan Laut yang mendominasi wilayah Samudera Hindia secara bersahabat dengan tetangganya. Kami sudah melakukannya selama masa jabatan saya sendiri, seperti memberi bantuan air ke Maladewa dan (menyelamatkan) warga kami bersama dengan warga negara dari 22 negara-negara lain (keluar) dari Yaman tanpa kerusakan (apapun) ,”kata Parrikar dalam pidatonya selama upacara penerimaan.

Destroyer pertama dari Kolkata clas, INS Kolkata, ditugaskan di India pada bulan Agustus 2014. INS Chennai, yang akan menjadi perusak ketiga tipe ini, akan ditugaskan pada akhir 2016, lapor media lokal.

sputnik

Tinggalkan komentar