Waspada, IMF Perkirakan Perlambatan Ekonomi Hingga 2016

Direktur pelaksana IMF, Christine Lagarde

Direktur pelaksana IMF, Christine Lagarde

Sebuah perlambatan yang tanpa henti di dalam ekonomi pasar berkembang akan menyebabkan pertumbuhan global yang melambat pada tahun ini dan hanya akan sedikit naik di tahun 2016.

Dalam sebuah pidato yang didahului sebuah laporan pertumbuhan global untuk bulan depan, Direktur International Monetery Fund (IMF), Christine Lagarde kembali menahan diri untuk berikan estimasi yang spesifik.
Namun komentar dia tampaknya lebih pesimis daripada perkiraan lembaga pemberi pinjaman global yang di buat di bulan Juli, sebelum pasar keuangan global meledak dalam kekacauan atas kecemasan terhadap ekonomi China yang dapat terpuruk.

Lagarde mengatakan bahwa China perlu untuk terus mencoba menyeimbangkan ekonominya untuk menjauh dari insentif investasi komoditas namun juga harus berhati-hati untuk menjaga “permintaan dan stabilitas keuangan.”
Dalam sebuah survei dari ekonomi global, dia mengatakan bahwa pertumbuhan telah sedikit pulih di zona Euro dan Jepang dan dia masih melihat pertumbuhan yang lebih kuat di Amerika dan Inggris.

Dia mengatakan bahwa kabar yang tidak begitu menyenangkan adalah bahwa negara berkembang kemungkinan akan melihat penurunan tingkat pertumbuhan untuk lima tahun berturut-turut.
Dia juga menambahkan bahwa pertumbuhan global mungkin akan lebih lemah dari tahun lalu, dengan diperkirakan hany a ada sedikit akselerasi di tahun 2016.

Di bulan Juli, IMF memperkirakan perlambatan marjinal di dalam pertumbuhan global tahun ini menjadi 3.3% dari 3.4% di tahun 2014, dengan rebound menjadi pertumbuhan 3.8% di tahun 2016.

Sharing

Tinggalkan komentar