Tahun 2016 Jepang Uji Coba Taksi Nirawak

Ilustrasi
Ilustrasi

Jepang akan mengizinkan mobil-mobil taksi tanpa pengemudi atau nirawak menggelar uji coba di jalanan umum di negeri itu mulai 2016 mendatang. Rencananya mobil autokemudi itu sudah bebas mengaspal di Jepang pada 2020, bertepatan dengan digelarnya Olimpiade Tokyo.

Rencananya pemerintah Jepang akan bekerja sama dengan DeNA.co, perusahaan sosial media dan produsen game terkemuka di Negeri Sakura untuk menguji coba taksi nirawak di Fujisawa, sebuah kota di dekat Tokyo.

Pemerintah Jepang juga mengatakan akan merekrut sekitar 50 warga untuk menjadi penumpang dalam taksi-taksi tanpa sopir itu.

Jepang memang berencana menjadikan Olimpiade Tokyo sebagai ajang untuk memamerkan teknologi-teknologi paling mutakhir di negara itu dan terus mengajak perusahaan-perusahaan teknologi lokal untuk bertarung dengan Google dalam pengembangan teknologi mobil autokemudi.

Meski demikian, beberapa kalangan mengatakan bahwa pengembangan teknologi nirawak di Jepang menghadapi beberapa kendala dan salah satunya adalah masalah aturan, karena undang-undang lalu-lintas di Jepang mengatur bahwa mobil di jalanan umum harus selalu dilengkapi oleh sopir di kursi kemudi.

“Kita tak bisa terpaku pada cara-cara bisnis lama di Jepang, yang masih berusaha menyatukan semua orang dalam industri ini dan bekerja sama,” kata Shinjiro Koizumi, salah satu anggota parlemen Jepang. Mobil yang digunakan sebagai kendaraan uji coba adalah minivan Estima, bikinan Toyota.

Sharing

Tinggalkan komentar