Gladi Resik HUT TNI ke 70

Beberapa personel TNI dan masyarakat Cilegon sudah hadir di lokasi perayaan HUT TNI untuk menyaksikan acara persiapan di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, Sabtu (3/10/2015). (Valdy Arief)
Beberapa personel TNI dan masyarakat Cilegon sudah hadir di lokasi perayaan HUT TNI untuk menyaksikan acara persiapan di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, Sabtu (3/10/2015). (Valdy Arief)

Cilegon – Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 TNI yang jatuh5 Oktober 2015, Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo bersama seluruh jajaran TNI menggelar gladi resik di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, Sabtu, 3 Oktober 2015.

Tema yang diangkat dalam HUT TNI kali ini adalah ‘Bersama Rakyat TNI kuat, hebat, profesional, siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian’.

Selain akan dihadiri oleh Panglima TNI, gladi resik nantinya juga akan dihadiri Kepala Staf Angkatan Darat Jendral TNI Mulyono, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Agus Supriatna.

(photo: ARC.web.id)
(photo: ARC.web.id)

Dalam gladi resik ini, seluruh pasukan TNI yang hadir mengikuti simulasi upacara. Bahkan, pembawa acara dalam gladi resik juga menyebutkan Gubernur Banten, Rano Karno mempersembahkan drama kolosal Jenderal Besar Sudirman demi memeriahkan HUT TNI ke-70 itu. Dalam gladi resik juga ada peragaan Alat Utama Sistim Persenjataan (Alutsista) TNI.

Dari pantauan VIVA.co.id, pada pukul 11.30 WIB, peragaan alutsita mulai dari memamerkan kendaraan-kendaraan yang digunakan anggota TNI seperti motor, panser, tank, sampai adanya peragaan oleh pesawat jet dan kapal tempur.

2

Pesawat jet dan kapal tempur yang dipamerkan juga sempat mengeluarkan tembakan ke arah laut lepas. Sontak, hal tersebut membuat para warga yang datang menonton gladi resik itu dari pagi, berhamburan bergerak menuju ke arah pesawat jet dan kapal yang mengeluarkan tembakan.

Sebanyak 4731 prajurit dari Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU) terlihat mengikuti gladi resik. Mereka menunjukkan kerapian berbaris dan kekompakannya.

“Salut sama TNI. Mereka memang disiplin, rapi, enak sekali dilihatnya,” kata Bonny (32) salah seorang warga yang berada di lokasi menonton bersama keluarganya.

“Anak-anak, pada senang katanya lihat ini. Kami sudah datang dari pukul 07.00 WIB tadi,” dia menambahkan.

Sementara itu, Kepala Bidang Penerangan Pasukan, Kolonel Laut Mugiono memaparkan, usai gladi resik, akan ada demo pesawat jet, kapal yang menembakkan peluru, serta anggota dari Marinir yang akan terjun ke laut.

“Prajurit harus militan dalam segala hal karena hanya dengan kekuatan bersama-sama akan menjadi kekuatan untuk itulah apabila dengan rakyat maka TNI akan kuat. Hanya dengan rakyat TNI akan kuat,” ujar Kepala Pusat Penerangan TNI, Brigjen Tatang Sulaiman

Dari data yang berhasil dikumpulkan, diketahui TNI telah menyiapkan beberapa alutsista untuk demonstrasi. Di antaranya, 1 pesawat Fennex, 4 helikopter MI 35, 1 helli MI 17, 12 heli Bell 412, 43 kapal tempur kelas Sigma, 2 kapal tempur kelas MARF, 4 kapal perang kelas Amy, 11 kapal perang kelas Parchim, 4 kapal perang kelas SHS, serta 1 kapal selam.

Ada juga 12 pesawat tempur Tiger 50, 10 pesawat tempur jenis Hawk, 12 pesawat tempur F-16, serta 9 jet Sukhoi SU27/30 juga bakal menghibur warga Cilegon.

VIVA.co.id

Sharing

Tinggalkan komentar